Kamis 21 Nov 2019 13:21 WIB

BEI Gelar Sharia Investment Week 2019

Sharia Investment Week akan digelar pada 21–23 November 2019.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Lembaga keuangan syariah biasanya memiliki sejumlah instrumen investasi syariah.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Lembaga keuangan syariah biasanya memiliki sejumlah instrumen investasi syariah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bursa Efek Indonesia (BEI) menggelar acara Sharia Investment Week (SIW) 2019. Diadakannya acara ini bertujuan untuk meningkatkan inklusi pasar modal syariah yang dinilai masih cukup rendah.

"Penyelenggaraan acara SIW 2019 menjadi gerbang pembuka bagi investor saham syariah, baik pemula maupun investor aktif untuk lebih memahami Pasar Modal Syariah," kata Direktur Utama BEI, Inarno Djajadi, Kamis (21/11).

Baca Juga

Terdapat tiga tema berbeda yang diangkat oleh SIW 2019 setiap harinya, yaitu Pasar Modal Syariah, Filantropi Islam & Fintech Pasar Modal Syariah, serta Investasi Syariah untuk Generasi Muda dan Keluarga. Acara SIW 2019 terdiri dari 6 (enam) sesi seminar yang berbeda setiap hari dengan menghadirkan serangkaian narasumber kompeten maupun public figure yang mewakili masyarakat dan telah menjadi investor di Pasar Modal Syariah.

Pembicara yang akan mengisi acara, antara lain Direktur Pasar Modal Syariah OJK Fadilah Kartikasasi, Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi, dan Anggota DSN MUI Adiwarman Karim, dengan judul sesi 'Masa Depan Pasar Modal Syariah'.

Kemudian sesi ke-2 bertemakan 'Strategi Investasi bagi Investor Syariah' dengan pembicara Lukas S Atmadja, PT Panin Asset Management Rudiyanto, dan Anggota DSN MUI M Bagus Teguh Perwira, pada hari pertama SIW 2019.

Hari ke-2 SIW 2019 dibuka dengan Peluncuran Wakaf Saham oleh Phillip Sekuritas dan Panin Sekuritas dan dilanjutkan dengan 2 sesi seminar. Seminar pada sesi I mengangkat tema 'Filantropi di Pasar Modal Syariah' dengan narasumber Kepala Divisi Pasar Modal Syariah BEI Irwan Abdalloh, Direktur Utama Baznas M Arifin Purwakananta, dan Wakil Ketua BWI Imam T Saptono.

Lalu untuk sesi ke-2 menampilkan narasumber Ketua Asosiasi Fintech Syariah Ronald Yusuf W, anggota DSN MUI Azharuddin Latif, dan Direktur XDana Imas Sihombing.

Penutupan acara SIW 2019 pada Sabtu (23/11) diawali dengan talk show sesi I dengan tema 'Investasi Syariah 4.0' yang diisi oleh pembicara Founder Komunitas Investor Saham Pemula Frisca Devi, Alumni FoSSEI Irsyad Al Ghifari, serta Influencer Investor Syariah Munira Agile.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Seminar sesi ke-2 mengambil tema 'Keluarga Berkah dengan Investasi Syariah' dengan pembicara Founder ZAP Finance Prita Ghozie, Founder Komunitas Syariah Saham Asep Muhammad Saepul Islam, dan Influencer Investor Syariah Qonita Al Jundiah.

SIW 2019 digelar pada 21–23 November 2019, pukul 09.00 – 17.00 WIB, di Main Hall BEI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement