Rabu 20 Nov 2019 15:56 WIB

Kementan Rencanakan Pemangkasan Jabatan Eselon III dan IV

Pemangkasan eselon tidak dilakukan dalam waktu dekat, Kementan fokus perbaikan data.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolanda
Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pertanian (Kementan) berencana untuk melakukan pemangkasan terhadap seluruh pejabat Kementan tingkat eselon III dan IV. Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan sebelum pemangkasan itu dilakukan pihaknya akan melakukan sosialisasi agar kebijakan yang diambil dapat diterima.

“Itu perintah. Kita jalankan tapi tidak begitu saja seperti membalik tangan karena ini membutuhkan sosialisasi,” kata Syahrul di Kompleks Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Rabu (20/11).

Baca Juga

Kendati demikian, Syahrul mengatakan belum akan fokus soal pemangkasan tersebut. Sebab, pada 100 hari pertama menjabat Syahrul tengah memfokuskan kerja untuk perbaikan data. Ia menargetkan urusan data akan rampung pada 1 Desember mendatang.

Karena itu, Syahrul menuturkan pemangkasan eselon III dan IV akan dilakukan tapi tidak dalam waktu yang dekat. "Saya minta 100 hari ini saya tidak terganggu dulu dengan itu (pemangkasan eselon) sehingga saya bisa atur ini dengan baik,” jelasnya.

Mekanisme pemangkasan eselon III dan IV nantinya akan dilakukan sesuai dengan arahan presiden. Kementan, tegas Syahrul, tidak akan mengambil tindakan sembarangan atau sesuai kehendak sendiri dalam melakukan langkah tersebut.

Sejauh ini, Kementerian yang akan melakukan pemangkasan jabatan eselon III dan IV adalah Kementerian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Rencananya penghilangan jabatan tersebut akan dilakukan pada bulan ini. Selanjutnya, Kementerian Dalam Negeri juga berencana melakukan hal yang sama setelah Kementerian PANRB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement