Ahad 17 Nov 2019 17:37 WIB

Pertamina Pastikan Pasokan Solar di Priangan Timur Tersedia

Pertamina melakukan pemantauan penyaluran solar dari Fuel Terminal hingga ke SPBU.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Gita Amanda
Pertamina pastikan pasokan solar di Priangan Timur dalam kondisi aman.
Foto: borneomagazine.com
Pertamina pastikan pasokan solar di Priangan Timur dalam kondisi aman.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III terus memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) Biosolar di wilayah Priangan Timur, yakni Kabupaten/Kota Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Garut, dan Kota Banjar. Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR III, Dewi Sri Utami mengatakan, stok Biosolar di Fuel Terminal (Terminal BBM) Tasikmalaya yang memasok SPBU di wilayah Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran berada dalam kondisi aman.

"Demikian juga untuk pasokan SPBU di wilayah Garut yang berasal dari Fuel Terminal Bandung Group," kata dia dalam keterangan resminya, Ahad (17/11).

Baca Juga

Ia menambahkan, Pertamina bahkan melakukan pemantauan penyaluran solar dari Fuel Terminal hingga ke SPBU selama 24 jam, seiring dengan diaktifkannya Satuan Tugas Natal dan Tahun Baru (Satgas Nataru) mulai 15 November 2019. Menurut dia, sampai saat ini pasokan BBM terutama untuk jenis Biosolar aman. Bahkan, pada Sabtu (16/11) sudah meningkatkan penyaluran lebih dari 20 persen dari penyaluran bulan Oktober.

"Solar tersedia dan cukup. Kami melakukan peningkatan pasokan ke seluruh daerah, Bahkan untuk Priangan Timur sampai 27 persen naiknya," kata dia.

Ia mengimbau masyarakat untuk menggunakan Biosolar sesuai alokasinya. Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014‎, Biosolar hanya ditujukan bagi rumah tangga, usaha mikro, usaha pertanian, usaha perikanan, transportasi, dan pelayanan umum.

Dewi menambahkan, bagi masyarakat pengguna bahan bakar diesel, Pertamina juga menyediakan varian BBM alternatif untuk kendaraan bermesin diesel. Ia mencontohkan, Pertamina juga menyediakan BBM jenis Dexlite dan Pertamina Dex yang tersedia di SPBU. Menurut dia, dua jenis BBM itu memiliki kualitas lebih baik.

"Di area Priangan Timur, terdapat 66 SPBU outlet Dexlite dan 30 SPBU outlet Pertamina Dex, salah satunya berada di SPBU 3446103 Jalan RM Martadinata Cipedes Kota Tasikmalaya. Apabila masyarakat memiliki keluhan mengenai ketersediaan BBM dan elpiji dapat menghubungi Pertamina melalui Call Center 135," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement