Jumat 08 Nov 2019 02:01 WIB

Jack Ma Kembali Jadi Orang Terkaya di Cina

Kekayaan Jack Ma bertambah 3,6 miliar dolar AS pada 2019.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Indira Rezkisari
Pendiri Alibaba Jack Ma menjadi pembicara di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10).
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Pendiri Alibaba Jack Ma menjadi pembicara di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Forbes merilis nama 10 orang terkaya di Cina untuk tahun 2019. Pendiri Alibaba Group, Jack Ma, menduduki puncak daftar nama tersebut untuk tahun kedua yang berjalan pada 2019.

Meski Jack Ma telah mengundurkan diri sebagai kepala teknologi raksasa Cina itu pada September lalu, jumlah kekayaannya justru meningkat menjadi 38,2 miliar dolar Amerika Serikat. Kekayaan sebelumnya berjumlah 34,6 miliar dolar Amerika Serikat pada 2018.

Baca Juga

″Pertumbuhan ekonomi Cina mungkin mereda, tetapi pengusaha yang cerdas di negara itu terus menemukan cara untuk menciptakan bisnis dan kekayaan baru. Akses ke pasar modal juga sangat membantu,” kata Kepala Editor Forbes Cina, Russell Flannery, seperti dilansir dari laman CNBC, Jumat (8/11).

Perekonomian Cina telah menghadapi beberapa hambatan karena perang perdagangan yang berkepanjangan dengan Amerika Serikat hingga membebani sentimen dan prospek investor. Pertumbuhan ekonomi domestik yang melambat pun tidak cukup membantu.

Meski demikian, sebanyak 400 orang yang masuk dalam daftar orang terkaya di Cina versi Forbes tahun ini total kekayaannya naik menjadi 1,29 triliun dolar Amerika Serikat dari sebelumnya senilai 1,06 triliun dolar Amerika Serikat pada 2018. Jumlah tersebut meningkat lebih dari 20 persen dibandingkan tahun lalu.

Forbes juga mencatat ada 60 orang pendatang baru tahun ini. Mereka yang dapat masuk dalam daftar tersebut memiliki kekayaan bersih minimum 1 miliar dolar Amerika Serikat.

Di sisi lain, lebih dari setengah orang yang masuk daftar tahun ini memiliki jumlah kekayaan yang meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara itu, menurut majalah Forbes, sekitar seperempat orang lainnya jumlah kekayaannya menurun.

Nomor urut dua dalam daftar tahun ini tercatat Pony Ma Huateng dari Tencent Holdings. Tokoh bisnis Cina, yang juga merupakan CEO dan salah satu pendiri konglomerat teknologi di Cina itu diketahui memiliki kekayaan bersih mencapai 36 miliar dolar Amerika Serikat.

Sementara itu, posisi ketiga orang terkaya di Cina adalah Kepala Evergrande Group Hui Ka Yan. Salah satu pengembang real estate terbesar di Cina itu memiliki kekayaan bersih sebesar 27,7 miliar dolar Amerika Serikat.

Berikut adalah daftar 10 orang terkaya di Cina dan jumlah kekayaan bersihnya menurut Forbes:

1. Jack Ma, pendiri raksasa e-commerce Alibaba; 38,2 miliar dolar Amerika Serikat.

2. Ma Huateng, CEO raksasa teknologi Tencent; 36 miliar dolar Amerika Serikat.

3. Hui Ka Yan, ketua pengembang real estat Evergrande; 27,7 miliar dolar Amerika Serikat.

4. Sun Piaoyang, ketua perusahaan farmasi Jiangsu Hengrui Medicine; 25,8 miliar dolar Amerika Serikat.

5. Yang Huiyan, co-chairman pengembang real estate Country Garden; 23,9 miliar dolar Amerika Serikat.

6. He Xiangjian, pendiri Midea Group, pembuat alat rumah tangga; 23,2 miliar dolar Amerika Serikat.

7. Colin Huang, CEO perusahaan e-commerce Pinduoduo; 21,2 miliar dolar Amerika Serikat.

8. William Ding, CEO perusahaan game online dan mobile NetEase; 17,2 miliar dolar Amerika Serikat.

9. Qin Yinglin (dan keluarga), ketua perusahaan pengembangbiakan dan distribusi babi Muyuan Foodstuff; 16,6 miliar dolar Amerika Serikat.

10. Zhang Yiming, CEO perusahaan teknologi ByteDance; 16,2 miliar dolar Amerika Serikat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement