Rabu 06 Nov 2019 16:26 WIB

Adira Finance Dorong Pemberdayaan Siswa SMK Lewat CSR

Pemberdayaan SMK dilakukan lewat donasi dan sejumlah program pengembangan.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Gita Amanda
Adira Finance memberikan bantuan kepada 20 SMK di Indonesia. Penyerahan CSR secara simbolis itu dilakukan di SMK 48 Jakarta pada Rabu (6/11).
Foto: Republika/Eric Iskandarsjah Z
Adira Finance memberikan bantuan kepada 20 SMK di Indonesia. Penyerahan CSR secara simbolis itu dilakukan di SMK 48 Jakarta pada Rabu (6/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu sektor pendidikan yang perlu diperhatikan. Mengingat, hal ini berkaitan dengan ketersediaan tenaga kerja cekatan yang siap ditampung oleh industri.

Oleh karena itu, Adira Finance pun mewujudkan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bidang pendidikan kepada SMK di Indonesia. Direktur SDM dan Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi mengatakan, program ini dilakukan lewat donasi dan sejumlah program pengembangan.

“Untuk program pengembangam, kami menyasar baik pada murid maupun pada guru SMK,” kata Swandajani Gunadi dalam penyerahan bantuan secara simbolis di SMK 48 Jakarta pada Rabu (6/11).

Adira Finance telah memberikan perhatian kepada SMK sejak 2014. Awalnya, kontribusi Adira hanya mencakup lima SMK. Kini, Adira telah memperluas cakupanya pada 20 SMK yang tersebar di sejumlah wilayah, dengan total donasi Rp 90 juta. Donasi berupa dana pembinaan itu kemudian dibagikan kepada 60 murid SMK berprestasi dari 20 SMK yang telah dipilih oleh Adira bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Program ini lebih dikhususkan bagi murid pada bidang Bisnis Daring dan Pemasaran. Pemberian bantuan dana ini merupakan bagian dari program pendidikan kelas Adira di SMK yang telah berjalan selama lima tahun,” ujarnya.

Selain donasi dana pendidikan, pada program ini juga dilakukan beberapa kegiatan lain seperti Link and Match Kurikulum perusahaan dengan SMK, Pelatihan guru-guru SMK dalam bentuk TTT (Training for the Trainer) dan Program magang untuk siswa/siswi.

Khusus untuk Pelatihan guru SMK tahun ini, Adira Finance memberikan materi soft skill yang mendukung proses bisnis perusahaan pembiayaan. Penyampaian materi dilakukan dengan cara role play, studi kasus, games, dan exercise. Menurutnya, seluruh materi ini diajarkan langsung oleh Faculty Member Adira (FMA) Corporate University Adira Finance.

“Semoga dengan adanya bantuan dana pendidikan ini dapat meningkatkan semangat murid SMK untuk semakin giat belajar, sehingga nantinya mereka dapat berperan aktif memberikan manfaat yang lebih besar bagi lingkungannya dan juga bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia pada umumnya,” kata dia.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement