Warta Ekonomi.co.id, -- Bersamaan dengan momen ulang tahun ke-9, Gojek mengumumkan strategi jangka panjang ‘Going the Distance’ atau ‘Melangkah Jauh ke Depan’.
Strategi itu berfokus pada 4 hal, meliputi: peningkatan kepuasan pelanggan, penyelarasan pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis, menjadi perusahaan global melalui ekspansi internasional, dan mewujudkan Gojek sebagai tempat bekerja yang berkelas dunia.
Menutu Co-CEO Gojek, Kevin Aluwi, konsep super app yang diusung perusahaan sudah tepat sasaran. "Dibuktikan dengan pertumbuhan total pengguna aktif bulanan yang mencapai 1,5 kali lipat dalam satu tahun terakhir. Hal ini didukung oleh semakin bertambahnya jumlah pelanggan yang menggunakan setidaknya tiga layanan Gojek dalam sebulan (core users)," katanya, Sabtu (2/11/2019).
Kevin juga memaparkan, salah satu kunci kesuksesan Gojek adalah menciptakan ekosistem terintegrasi dengan tiga super app; untuk pengguna, untuk mitra pengemudi dan penyedia layanan, dan untuk mitra penjual mengembangkan bisnis.
Partner Kevin, Andre Soelistyo menambahkan, Gojek juga akan berfokus pada pelanggan untuk meningkatkan loyalitas mereka. "Hal itu dapat menumbuhkan kedekatan dan kecintaan terhadap brand kami sebagai karya anak bangsa, sehingga hubungan Gojek dengan para pelanggan kami lebih dari sekedar hubungan transaksional," papar Andre.
Saat ini Gojek telah mampu mencetak kontribusi margin positif di hampir seluruh layanan utamanya, seperti pesan-antar makanan dan minuman, pembayaran, serta transportasi daring. Gojek juga mencatatkan 2 kali lipat pertumbuhan pendapatan dalam 12 bulan terakhir.
Secara detail, berikut ini strategi Melangkah Jauh ke Depan dari Gojek:
1. Mengutamakan kepuasan pelanggan untuk memastikan pertumbuhan jangka panjang
Gojek akan memperkuat pengembangan tiga pilar produk yang paling dibutuhkan dan diminati pelanggan, yaitu pesan-antar makanan dan minuman, pembayaran, serta transportasi.
2. Memastikan pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis menuju kesiapan melantai di bursa
Gojek akan fokus pada pertumbuhan yang berorientasi pada penguatan produk untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terutama dari basis pelanggan yang menggunakan tiga atau lebih layanan Gojek di setiap bulannya (core users).
3. Menjadi perusahaan global melalui ekspansi internasional
Gojek menargetkan menjadi perusahaan karya anak bangsa yang semakin mengharumkan nama Indonesia di kancah global. Hal ini akan dicapai dengan meningkatkan rasio dari pelanggan Indonesia vs pasar Internasional dari 80:20 menjadi 50:50, serta dengan melakukan ekspansi di pasar-pasar baru di Asia Tenggara.
4. Menjadi tempat kerja berkelas dunia
Memposisikan Gojek sebagai tempat kerja kelas dunia untuk menjaring talenta terbaik nasional dan internasional. Dalam enam bulan terakhir Gojek telah berhasil merekrut berbagai pemimpin industri teknologi kelas dunia antara lain dari Silicon Valley, serta perusahaan global terkemuka seperti Netflix, NASA, dan lainnya.