Selasa 29 Oct 2019 18:17 WIB

PLN Luncurkan 5 SPKLU Serentak

Tahun ini, PLN berencana membangun 10 SPKLU di seluruh Indonesia.

Vice Presiden Public Relation PLN, Dwi Suryo Abdullah (kanan) didampingi  EVice Presiden Perencanaan Korporat PLN, Rawan Insani, (paling kiri) saat mencoba charge kendaraan taxi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di PLN Pusat, Jakarta Selatan, Senin (28/10).
Foto: pln
Vice Presiden Public Relation PLN, Dwi Suryo Abdullah (kanan) didampingi EVice Presiden Perencanaan Korporat PLN, Rawan Insani, (paling kiri) saat mencoba charge kendaraan taxi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di PLN Pusat, Jakarta Selatan, Senin (28/10).

REPUBLIKA.CO.ID,SERPONG -- PLN meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) secara bersamaan di 4 kota yakni Tangerang, Bali Selatan, Jakarta dan Bandung. Khusus untuk Jakarta launching SPKLU dilakukan di Kantor Pusat PLN dan Depan Kantor Distribusi Jakarta Raya.

Acara peresmian SPKLU ini sebagai bagian dari implementasi kelengkapan infrastruktur bagi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Ini  sesuai dengan Peraturan Presiden no.55 tahun 2019. PLN berkomitmen menyediakan sejumlah SPKLU baik yang disediakan secara mandiri oleh PLN, ataupun melalui kerjasama dengan pihak swasta.

Baca Juga

 

Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani saat meluncurkan berdirinya SPKLU mengatakan, dalam hal pembangunan SPKLU, PLN secara terbuka bekerja sama dengan berbagai pihak.

 

Sebelumnya PLN juga telah menggandeng kerjasama dengan 20 mitra strategis dalam kerjasama percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) beberapa waktu yang lalu. Tahun ini, PLN berencana membangun 10 SPKLU di seluruh Indonesia.

Secara berangsur sampai tahun depan, diharapkan jumlahnya terus bertambah, guna menunjang hadirnya perangkat kendaraan listrik mulai dari mobil listrik berbasis baterei, skuter (motor listrik), dan berbagai kendaraan listrik lainnya.

 

Melalui kerjasama tersebut, PLN telah mengikat kerjasama dengan 20 perusahaan swasta dan juga BUMN, dalam hal penyediaan SPKLU di sejumlah instansi, termasuk area parkir kendaraan bermotor di berbagai perkantoran dan juga nantinya di pusat-pusat perbelanjaan.

 

Dirjen ketenagalistrikan Rida Mulyana, menyebutkan apresiasi terhadap langkah PLN dalam penyediaan SPKLU. "Langkah PLN sangat bagus dan strategis dengan kerjasama untuk pemanfaatan kendaraan berbasis listrik. Hal ini juga bagus untuk peningkatan penjualan tenaga listrik kedepannya," ungkap Rida Mulyana.

Pada kesempatan yang sama, General Manager Aeon Mall BSD, Banten menyebutkan    Apresiasi  dan rasa bangga dengan ditempatinya untuk  launching SPKLU yang pertama.

“Kami bangga PLN memilih kami dalam peluncuran SPKLU, ini sesuai komitmen untuk kami untuk menjaga lingkungan dan aktif dalam pemanfaatan energi bersih." Windy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement