Senin 28 Oct 2019 16:18 WIB

Koperasi Astra Mulai Pembangunan Gedung Baru

Koperasi Astra juga meluncurkan logo baru.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Friska Yolanda
Acara peresmian logo baru dan groundbreaking gedung baru Koperasi Astra Internasional di daerah Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (28/10).
Foto: Republika/Adinda Pryanka
Acara peresmian logo baru dan groundbreaking gedung baru Koperasi Astra Internasional di daerah Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (28/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koperasi Astra International (KAI) mengenalkan logo baru sekaligus memulai peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan gedung baru di Kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (28/10). Dua kegiatan ini merupakan langkah nyata Koperasi Astra untuk senantiasa tumbuh dan berkembang sehingga dapat menyebar kemanfaatan dan memperluas kesejahteraan bersama.

Ketua Umum Pengurus Koperasi Astra Pongki Pamungkas menyebutkan, keputusan untuk membeli tanah dan membangun gedung sendiri tidak terlepas dari kinerja koperasi yang semakin kuat. Di sisi lain, harga lahan maupun biaya pembangunan relatif tidak semahal tahun-tahun lalu.

Baca Juga

"Harga di seputar properti relatif akan menguntungkan kita untuk membelinya," tuturnya saat memberikan sambutan dalam acara groundbreaking. 

Pencapaian Koperasi Astra yang terus meningkat dan sinergi yang terus dibangun menjadi bagian dari perubahan logo yang dianalogikan dengan lima elemen utama tersusun bersinergi. Lima elemen tersebut mencerminkan lima prinsip kerja Koperasi Astra yaitu Prosper (Passionate, Prospect, Open Mind Synergy and Performance). Warna kuning pada logo baru bermakna kemanfaatan dan kesejahteraan yang akan disebarluaskan, sedangkan warna biru menggambarkan harapan Koperasi Astra untuk berkinerja tidak terbatas. 

Peluncuran logo Koperasi tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober. Pongki berharap, seiring dengan semangat Sumpah Pemuda, dirinya berharap logo dan gedung baru Koperasi Astra menjadi awal yang baik untuk tumbuh dan berkembang. Tujuan akhirnya, dapat memperluas kesejahteraan bersama.

"Hal ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa," ujarnya. 

Wakil Ketua Umum Pengurus Koperasi Astra Bambang Widjanarko menjelaskan, pembangunan gedung baru Koperasi Astra dilakukan di Kawasan Cempaka Putih Jakarta Pusat. Bangunan ini memiliki konsep Green Building dan Total Integrated Security System di atas tanah seluas 2.693 meter. 

"Luas bangunan seluas 9.345 meter," katanya. 

Berdiri dengan tujuh lantai dan satu mezzanine, Gedung Koperasi Astra akan menjadi kantor bersama dengan PT Sigap Prima Astrea, PT Swakarsa Cipta Mandiri dan anak perusahaan Grup Koperasi Astra lainnya. Ruang publik area seperti mushola, klinik, kantin, toko koperasi dan ruang serbaguna melengkapi sarana gedung ini.

Bambang memperkirakan, gedung baru Koperasi Astra dapat rampung pada November 2020. Proyeksi ini lebih lama dibandingkan prediksi awal, yaitu enam sampai tujuh bulan. Artinya, apabila groundbreaking dilakukan pada Oktober 2019, bangunan diperkirakan selesai pada Maret atau April. 

"Tapi, karena bangunannya tujuh lantai dan satu mezzanine, diperkirakan selesai November 2020. Kami harapkan lebih cepat, sehingga dapat lebih cepat dipakai," ujarnya. 

Beranggotakan sekitar 87 ribu karyawan tetap yang tersebar di seluruh Indonesia, Koperasi Astra saat ini tidak hanya mengandalkan simpan pinjam sebagai bisnis intinya. Pengembangan dan inovasi bisnis telah dilakukan dalam upaya menyejahterakan anggotanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement