REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Dalam menyambut Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2019, Bank BJB menggelar Festival Literasi Keuangan (FLK) di Cikapundung River Spot, Kota Bandung, Sabtu (26/10). Melalui kegiatan tersebut, Bank BJB mendorong masyarakat, khususnya kaum milenial untuk lebih mengenal produk perbankan.
Kegiatan FLK merupakan kerja sama antara Bank BJB dan Pemprov Jabar, Bank Indonesia (BI) Jabar dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 2 Jabar. Ajang FLK kali ini mengusung tagline ‘Kita Wujudkan Inklusi Keuangan Untuk Semua’.
FLK 2019 dimeriahkan dengan sesi talkshow seputar literasi dan inklusi keuangan, ekspos program dari beberapa mitra binaan Bank BJB, serta business matching yang diikuti perwakilan lembaga jasa keuangan dan masyarakat umum. Ada juga sajian hiburan yang memicu antusias warga yang hadir.
Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi menuturkan, kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pengenalan terkait produk keuangan dari perbankan, asuransi, investasi dan instrumen keuangan lainnya. Kali ini, pengenalan produk keuangan itu lebih dikhususkan kepada kalangan milenial.
Yuddy menyebutkan, saat ini 50 persen dari sekitar empat juta number of account (NoA) Bank BJB merupakan nasabah milenial. ‘’Kami akan terus kembangkan mobile banking, QR, dan produk IT lainnya untuk menjawab selera kaum milenial,’’ ujar Yuddy, akhir pekan lalu.
Menurut Yuddy, generasi muda memiliki peranan penting dalam menentukan wajah Indonesia di masa depan. Karena itu, sambung dia, sudah saatnya bagi generasi muda Indonesia mengenal dan mengetahui lebih banyak produk industri jasa keuangan.
‘’Generasi muda harus memanfaatkan secara maksimal produk perbankan,’’ tambahnya. Pasalnya, imbuh dia, industri keuangan perbankan merupakan salah satu pilar terbesar yang menopang perekonomian nasional.
Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB M As’adi Budiman menambahkan, FLK 2019 dilengkapi talkshow dengan tema ‘Kemandirian Finansial Bagi Milenial’. Talkshow diisi oleh para pembicara berlatar belakang pelaku usaha sukses dari kalangan milenial. Di antaranya PT Crowde, blibli.com dan Fourspeed Metalwerks, dengan moderator yang dapat mewakili kaum milenial yaitu Pandji Pradiwaksono.
Seiring dengan program One Student One Account, pihaknya juga sebelumnya menyelenggarakan roadshow Seminar Goes to Campus ke beberapa perguruan tinggi, antara lain Unpas, Universitas Islam Nusantara (Uninus), Ikopin, serta IPB. Selanjutnya, Bank BJB bersama Pemprov Jabar, BI dan OJK juga memberikan penghargaan kepada para pegiat inklusi keuangan kepada tujuh perusahaan/lembaga, tujuh kepala daerah, tiga perguruan tinggi, 1 RSUD, dan 1 PDAM.
Kepala (OJK) Kantor Regional 2 Jabar Triana Gunawan menambahkan, secara nasional, inklusi keuangan dari tahun ke tahunnya selalu naik. Tahun 2013, papar dia, inklusi keuangan masih di bawah 60 persen. Angka itu meningkat di 2016 menjadi 68 persen, dan 2019 mencapai 75 persen.
‘’Peningkatan ini sejalan dengan produk keuangan yang menarik,’’ ujarnya, akhir pekan lalu. Pihaknya mengajak kerja sama dengan semua pihak untuk meningkatkan jasa keuangan. Bahkan, papar dia, hadirnya Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah di Jabar, menjadi bukti upaya mendongkrak inklusi keuangan di masyarakat.