Selasa 22 Oct 2019 23:10 WIB

Ralali.com Berdayakan UMKM lewat Big Agent

Ralali.com gandeng pengusaha lokal dan kemudian diangkat menjadi Mitra Big Agent

Mitra BIG Agent adalah mitra resmi dan berbadan hukum yang kemudian ditunjuk oleh Ralali.com sebagai representasi di tiap daerah.
Foto: Ralali.com
Mitra BIG Agent adalah mitra resmi dan berbadan hukum yang kemudian ditunjuk oleh Ralali.com sebagai representasi di tiap daerah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ralali.com, platform B2B (business to business), mengaku terus melakukan inovasi mendorong UMKM untuk lebih memanfaatkan teknologi dengan layanan 020 (offline to online) melalui BIG Agent. Platform yang menjadi bagian dari ekosistem digital Ralali.com ini memberi kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan penghasilan, dengan bekerja menyasar market, termasuk UMKM. 

Dengan demikian UMKM lebih teredukasi untuk memanfaatkan teknologi digital untuk tetap mampu bersaing. VP of City Expansion Ralali.com Carlo Lukman menuturkan, BIG Agent memberdayakan masyarakat yang ingin menjadi Sobat Agent (sebutan bagi pekerja yang tergabung di BIG Agent) melakukan pekerjaan sesuai dengan tugas yang diinginkan dalam bentuk pekerjaan yang fokus pada promosi dan penjualan.

BIG Agent juga melayani segmentasi B2B yang memungkinkan UMKM untuk membeli kebutuhan usaha secara online dengan harga grosir. “Sehingga pelaku UMKM tidak kesusahan harus membandingkan vendor A atau B lagi. Karena dari informasi yang diberikan oleh Sobat Agent secara langsung mempermudah pelaku UMKM mengetahui kualitas, dan keuntungan bagi usahanya,” tutur Carlo berdasarkan rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (22/10).

Ia menambahkan untuk mengoptimalkan peran dan kinerja dari Sobat Agent, Ralali.com bekerja sama dengan pengusaha lokal atau lembaga pemberdayaan masyarakat yang merupakan perwakilan di setiap daerah lalu diangkat sebagai Mitra BIG Agent. Kerja sama tersebut didasari keinginan Ralali.com untuk memberdayakan UMKM dan pengusaha lokal di setiap daerah untuk berdaya saing, melek digital dan mampu melahirkan SDM yang unggul dan produktif.

“Kami menyadari untuk mencapai misi sosial BIG Agent yang besar untuk pelaku bisnis dan SDM Indonesia itu tidak dapat dilakukan sendiri, tetapi melalui kolaborasi dengan berbagai lembaga maupun penyelenggara bisnis yang menjadi Mitra BIG Agent, maka hal tersebut akan tercapai,” ujar Carlo.

Carlo menjelaskan, Mitra BIG Agent adalah mitra resmi dan berbadan hukum yang kemudian ditunjuk oleh Ralali.com sebagai representasi di tiap daerah. Saat ini Mitra BIG Agent sudah tersebar di Jabodetabek, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat serta Sumatera. 

Di sisi lain, lanjut Carlo, Mitra BIG Agent akan mendapatkan sejumlah keuntungan, antara lain mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki pebisnis daerah, seperti SDM, kantor atau toko yang dimiliki untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Terlebih Mitra BIG Agent dapat berkontribusi bagi lingkungan dengan memberdayakan masyarakat di sekitarnya untuk bekerja, bersama BIG Agent. 

“Pendapatan Mitra BIG Agent itu berupa bagi hasil dari setiap pekerjaan yang dilakukan agentnya. Kebayang, kan keuntungan yang diperoleh. Itu kalau Mitra mampu mengelola ratusan bahkan ribuan Sobat Agent yang di dalam jaringannya untuk bekerja lebih optimal,” tutur Carlo.

Carlo menambahkan, adapun syarat untuk menjadi Mitra BIG Agent Ralali.com antara lain mempunyai usaha yang telah berjalan sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun dengan lokasi usaha tetap yang strategis, berbadan hukum dan memiliki minimal 5 orang karyawan. Tugas Mitra BIG Agent mencakup perekrutan, pembekalan, pengelolaan kinerja Sobat Agent dalam melakukan pekerjaannya.

“Saat ini rata-rata 300 orang yang dikelola oleh satu Mitra BIG Agent dan terus berkembang bisa mencapai ribuan,” imbuh Carlo.

Seperti halnya Mitra BIG Agent PT. Athir Kaisan Asia mengelola 2.575 Sobat Agent yang sebagian besar tersebar di Bandung, Jakarta, Depok, Tangerang, Semarang hingga Palembang. Perusahaan yang bergerak di bidang alih daya ini berhasil membukukan 26.129 pekerjaan survei, promosi dan akuisisi dari BIG Agent.

Galih, Mitra BIG Agent PT Athir Kaisan Asia, merasa perlu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi digital, terutama di bidang marketplace. Ia beranggapan BIG Agent memiliki potensi yang besar bila dikolaborasikan dengan SDM yang dikelolanya. 

“Kami terbiasa bisnis konvensional, mengelola mitra dan sales, kurir dan lainnya. Ini menjadi opportunity perusahaan kami untuk mengembangkan aplikasi BIG Agent karena kemampuan tim kami sudah mendukung dari sisi teknologi dan networking. Selebihnya tetap terus memberikan pelatihan dan edukasi tentang BIG Agent kepada tim agar lebih paham dan mampu melahirkan Sobat Agent yang berkualitas nantinya,” kata Galih.

BIG Agent adalah on-demand platform dari Ralali.com yang memiliki misi untuk memberikan definisi cara baru berbisnis. BIG Agent membantu bisnis berkembang dengan memberdayakan dan menghubungkan jutaan pekerja berkualitas, sekaligus membantu masyarakat mendapatkan penghasilan tambahan melalui berbagai jenis pekerjaan sesuai preferensi. Dengan 99 Mitra BIG Agent (mitra bisnis lokal), saat ini terdapat 300 ribu Sobat Agent (anggota) yang tersebar di 25 provinsi se-Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement