Selasa 15 Oct 2019 05:14 WIB

Menko Darmin: Palapa Ring Ikut Dorong Industri Logistik

Bisnis usaha daring yang memanfaatkan jasa logistik akan ikut terbantu dengan Palapa.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Friska Yolanda
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Ketua DPR Puan Maharani (kanan) usai meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10/2019).
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Ketua DPR Puan Maharani (kanan) usai meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai, pengoperasian jaringan telekomunikasi Palapa Ring ikut mendorong industri logistik Tanah Air. Alasannya, industri logistik selama ini tumbuh pesat seiring dengan berkembangnya teknologi informasi. Artinya, menurut Darmin, perbaikan jaringan internet melalui Palapa Ring ikut membantu operasional bisnis logistik nasional.

"Apalagi ke daerah dampaknya besar. Kalau Jakarta mungkin dari dulu sudah jalan. Tapi ke daerah sama sekali masih sangat lambat. Jadi dampaknya bukan hanya ke pariwisata, namun juga logistik. Pakai IT dia," ujar Darmin di Istana Negara, Senin (14/10).

Baca Juga

Darmin menambahkan, kecepatan akses internet yang didukung Palapa Ring diyakini mampu memperluas pasar bisnis logistik. Apalagi, bisnis usaha daring (online shop) juga memanfaatkan jasa perusahaan logistik.

Sebelumnya dalam peresmian Palapa Ring, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap infrastruktur telekomunikasi ini mampu memperkuat kinerja perdagangan nasional. Palapa Ring adalah infrastruktur telekomunikasi jaringan serat optik di sepanjang wilayah Indonesia seluas 36.000 kilometer.

Palapa Ring-Timur dibangun sejauh 4.450 KM yang terdiri dari kabel bawah laut sejauh 3.850 km dan kabel darat sepanjang 600 km dengan landing point sejumlah lima belas titik pada 21 kota/kabupaten. Untuk wilayah timur mencakup Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Palapa Ring barat menjangkau wilayah Riau, Kepulauan Riau hingga Natuna. Sedangkan Palapa Ring Tengah meliputi Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara hingga ke Kepulauan Sangihe-Talaud.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement