Sabtu 12 Oct 2019 21:24 WIB

Strategi Bisnis Advance Tetap Tumbuh Dobel Digit

Pada 2017 dan 2018 bisnis Advance sempat terasa berat

Rep: Herning Banirestu(swa.co.id)/ Red: Herning Banirestu(swa.co.id)
img_0466.jpg
img_0466.jpg

Menjaga bisnis tetap sehat selama 25 tahun tentu tidaklah mudah. Advance yang dikenal sebagai produsen water purifier & wellness product di Indonesia pada tahun ini memasuki usia 25 tahun. Meski dalam tiga tahun terakhir kondisi bisnis dirasakan berat, Advance bisa menjaga pertumbuhan penjualannya dobel digit.

“Pada 2017 dan 2018 bisnis sempat terasa berat, pertumbuhan penjualan 10-15%, tapi tahun 2019 naik, penjualan kami sampai Juni tahun ini tumbuh 20%,” ungkap Hendra, Sales & Marketing Director Advance.

Menurutnya, Advance sejak awal hadir pada 1994 secara konsisten menyasar pasar yang konsern pada kesehatan. Advance fokus menghadirkan produk-produk berkualitas di tiga kategori yaitu alat kesehatan, water purifier, dan produk fitness.

Selain dengan memiliki toko sendiri, merupakan strategi distribusi pun dikembangkan dengan menggandeng jaringan besar toko buku Gramedia, toko bangunan (Mitra 10, Depo Bangunan), toko elektronik (Electronic City, Best Denki), supermarket (Transmart, Hypermart, Superindo), hingga toko otomotif. Terus melakukan pengembangan pasar dan konsolidasi bisnis, lanjut Hendra pun dijalankan agar Advance tetap tumbuh penjualannya.

“Kuncinya, pada  5 strategi unggulan yaitu jaringan yang luas di lebih dari 250 jaringan hampir di seluruh kota besar Indonesia, menjaga kepercayaan masyarakat dengan produk-produk yang bersertifikat Alkes resmi, dukungan purna jual terbaik, selalu menghadirkan design & tekhnologi yang inovatif. Dan yang terutama,  dengan pengalaman kami di bisnis ini selama 25 tahun, kami berkomitmen untuk tetap kompetitif dan menjadi market leader di bidangnya,” tandas Hendra.

Hendra mengatakan Advance terus menjaga agar selalu diterima pasar dengan selalu menghadirkan produk-produk inovatif. “Dulu kami bisa menjual misalnya kursi pijat kesehatan seharga Rp 20 juta, walau tetap ada pasarnya. Dengan kondisi pasar yang makin kompetitif, pasar baru bisa kami sentuh dengan strategi baru yaitu dengan menghadirkan produk lebih murah Rp 12 juta untuk kursi pijat," kata dia.

Segmen anak muda kini pun makin aware dengan kesehatannya, ingin memiliki produk yang membuatnya nyaman di rumah. Dengan harga lebih murah plus pola bayar yang fleksibel, strategi ini ditangkap pasar dengan baik.

"Maka itu pada 2019 kami bisa mencapai pertumbuhan 20%” terang Hendra.

Ia melihat paska Lebaran dan Pilpres 2019 justru penjualan Advance bagus.

Hendra menjelaskan, dengan cara berkomunikasi berbeda sekarang, bahwa kalau dulu yang membeli kursi pijat di atas 40 tahun usianya, dengan makin banyaknya konsumen Advance usia muda, ia pun mengambil strategi yang lebih dekat dengan mereka dalam mengkomunikasikan produknya.

Memahami makin pedulinya pada kualitas air, Advance menghadirkan layanan dan produk terbaru tahun ini yaitu rental water purifier dengan brand  Advance Easy Rent, dan massage chair bersistem vending machine dengan brand Advance Relax & Go. Ini merupakan cara Advance menjawab suara pasar yang makin fleksibel.

Untuk bisnis sewaan water purifier, Advance mengelolanya melalui divisi berbeda. Per mesin disewakan dengan biaya sewa Rp 500 ribu per bulan. “Kami akan segera hadir  dengan paket Rp 300 ribu per bulan melalui divisi Advance Easy Rent. Walau baru dihadirkan, responnya lumayan dari korporasi,” katanya tanpa menyebut angka kinerja bisnis divisi ini.

Layanan baru ini sudah ada di 16-17 gerai showroom Advance dan setiap kota ada service center.

 

www.swa.co.id

 

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan swa.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab swa.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement