Kamis 10 Oct 2019 13:04 WIB

Penuh Kontroversial, Harta YouTuber Ini Tembus Rp 170 Miliar

Memiliki akun YouTube dengan 22 juta subscribers tentu sudah menjadi ladang uang

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Penuh Kontroversial, Kekayaan YouTuber Ini Tembus Rp170 Miliar. (FOTO: Dado Ruvic)
Penuh Kontroversial, Kekayaan YouTuber Ini Tembus Rp170 Miliar. (FOTO: Dado Ruvic)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -- Memiliki akun YouTube dengan 22 juta subscribers tentu sudah menjadi ladang uang yang menggiurkan. Seorang YouTuber bernama Shane Dawson buktinya, ia berhasil mendulang kekayaan sebesar 12 juta dolar AS atau sekitar Rp 170 miliar.

Dawson mengawali karier dengan membuat video konten drama komedi dan parodi hingga akhirnya kini mampu menciptakan sebuah film dokumenter berdurasi satu jam tentang teori konspirasi di YouTubenya.

Baca Juga: Berkat Mukbang, YouTuber Ini Berhasil Boyong Hunian Mewah

Memiliki harta yang super fantastis jumlahnya itu tidak semata-mata hanya dari YouTube. Dawson juga mendapatnya dari menulis buku, dan menyiarkan podcast.

Melansir dari Business Insider (10/10/2019), hidup pria berusia 30 tahun ini penuh dengan kontroversi. Ia tumbuh dididik oleh ayahnya yang merupakan pecandu alcohol dan juga pernah menjadi korban bullying karena berat badannya yang berlebihan semasa sekolah.

Pada usia 18 tahun, dia mendaftarkan diri dalam sebuah kelas untuk program penurunan berat badan yang populer hingga akhirnya berhasil menurunkan berat badan.

Pada saat yang sama, Dawson juga ikut audisi akting untuk sebuah pertunjukan, tetapi dia tidak memiliki banyak keberuntungan pada saat itu. Hingga akhirnya pada 2008, ia memutuskan untuk membuat channel YouTube yang sekarang dikenal Shane Dawson TV.

Namun, konten YouTube itu justru menuai banyak masalah, karena setelah merekam dirinya menari tiang saat bekerja, Dawson dan enam orang lainnya (termasuk ibu dan saudara laki-lakinya) dipecat dari pekerjaan mereka.

Baca Juga: Vanessa Angel Jadi Youtuber, Segini Pundi Uang yang Didapat

Video pertama Dawson yang benar-benar viral adalah "Fred is Dead", sebuah video komedi sketsa yang sudah ditonton lebih dari 25 juta view sampai saat ini.

Saat itu untuk tetap memenuhi kebutuhannya, Dawson juga mengambil pekerjaan sambilan sebagai penjaga keamanan sambil terus mengunggah video ke channel YouTubenya.

Pada 2011, Dawson diketahui sedang dekat dengan sesama YouTuber perempuan, Lisa Schwartz. Ketika Dawson terus menghasilkan video viral, dia memanfaatkan ketenarannya untuk membuat usaha lain.

Pada 2013, Dawson meluncurkan podcast bertemakan "Shane and Friends" dimana ia mewawancarai berbagai YouTuber. Namun, podcastnya berhenti pada 2017 dan semua eopisode telah dihapus dari YouTube channelnya.

Baca Juga: Jutaan Akun YouTuber Ngetop Terancam Diretas Hacker, Akun Atta Halilintar...

Dengan segudang kontroversi yang membuat geger dunia YouTube, Pada 2018, Dawson beralih ke seri multi-bagian yang menyelidiki teori konspirasi dan mendokumentasikan kehidupan YouTubers yang memalukan, termasuk Tana Mongeau, Jake Paul, dan Eugenia Cooney.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement