Rabu 09 Oct 2019 19:11 WIB

Bukalapak Daftarkan Mitranya ke Google Bisnisku

Bukalapak menjadi marketplace pertama mendaftarkan mitranya ke Google Bisnisku

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Tunjang Ekonomi Digital, Bukalapak Jadi E-commerce Pertama Daftarkan Mitranya ke Google Bisnisku. (FOTO: Bernadinus Adi Pramudita)
Tunjang Ekonomi Digital, Bukalapak Jadi E-commerce Pertama Daftarkan Mitranya ke Google Bisnisku. (FOTO: Bernadinus Adi Pramudita)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -- Bukalapak menjadi marketplace Indonesia pertama yang mendaftarkan Warung Mitra Bukalapak pada fitur Google Bisnisku. Kerja sama ini ditujukan untuk menjadi ‘game changer’ yang mengoptimalkan adopsi teknologi untuk mengembangkan potensi besar bisnis UMKM dalam menyokong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

"Program ini tidak hanya memudahkan pengguna internet semakin mengetahui keberadaan lokasi warung tradisional yang dapat meningkatkan volume transaksi bisnis, tetapi juga secara langsung memperkenalkan kepada para pemilik warung betapa pentingnya teknologi agar tetap bisa bersaing di pasar yang semakin kompetitif," ujar Presiden Bukalapak, Fajrin Rasyid, di Plaza City View, Selasa (8/10/2019).

Baca Juga: Gandeng Lion Parcel, Bukalapak Genjot Pengiriman Logistik 2X Lebih Cepat

Saat ini, sekitar 95.000 warung Mitra Bukalapak yang telah mendaftarkan bisnisnya di Google Bisnisku dapat muncul pada halaman pencarian seperti Google Maps dan Penelusuran Google. Data Kementerian Komunikasi dan Informatika, hingga Februari 2019 tercatat baru sekitar 16,33% atau 9.61 juta pelaku UMKM yang sudah mengadopsi teknologi dalam praktik bisnisnya dari total 58.9 juta pelaku usaha kecil di Indonesia.

"UMKM telah sering membuktikan diri sebagai tulang punggung ekonomi bangsa dan penyelamat pada saat krisis," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, di Plaza City View, Selasa (8/10/2019).

Fajrin menambahkan bahwa kini Warung Mitra Bukalapak tak perlu lagi khawatir warungnya sepi pembeli. Saat pengguna Google mengetik kebutuhan yang dicari, misalnya dengan kata ‘Warung’ atau ‘Frozen food’ di penelusuran Google, maka yang muncul pada halaman pencarian adalah Warung Mitra Bukalapak terdekat, lengkap dengan deskripsi dan lokasi agar mudah ditemukan oleh pelanggan. Hal ini diharapkan dapat mendorong warung agar semakin relevan dengan perkembangan teknologi terkini.

"Keberadaan para pelaku UMKM sangat sering dicari pada halaman pencarian lokal. Untuk itulah, Google Bisnisku berupaya mempermudah mereka untuk memiliki etalase online dan dengan mudah dapat diakses oleh para pengguna Google saat mereka mencari kebutuhan sehari-hari," ujar Ketua Google My Business Partnership Marcel In't Veen di Plaza City View, Selasa (8/10/2019).

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement