Rabu 09 Oct 2019 01:39 WIB

Hino Dirikan Depo Suku Cadang di Makassar

Pengiriman leadtime untuk area Makassar memakan waktu hanya satu hari.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Friska Yolanda
PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meresmikan depo suku cadang terbaru di Makassar, Sulawesi Selatan.
Foto: Hino
PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meresmikan depo suku cadang terbaru di Makassar, Sulawesi Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meresmikan depo suku cadang terbaru di Makassar, Sulawesi Selatan. Depo ini didirikan untuk memenuhi ketersediaan suku cadang di wilayah Indonesia bagian timur, khususnya untuk dealer resmi Hino yang berada di Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Peresmian dilakukan langsung oleh Presiden Direktur HMSI, Hiroo Kayanoki. “Kami berharap depo baru ini bisa berkontribusi untuk meningkatkan pelayanan purna jual dan memudahkan distribusi suku cadang resmi ke dealer-dealer Hino yang terletak di kawasan Sulawesi, Maluku dan Papua atau Indonesia Bagian Timur," ujar Hiroo Kayanoki lewat keterangan resmi, Selasa (8/10).

Hino Spare Part Depo didirikan di atas area seluas 1.200 meter persegi di Jalan Ir Sutami, Makassar, Sulawesi Selatan. Depo tersebut dapat menampung penyimpanan suku cadang sebanyak 6.000 item.

Depo ini merupakan yang kelima dimiliki oleh Hino. Sebelumnya, mereka sudah memiliki satu pusat suku cadang yang terletak di Jatake, Tangerang dan empat depo suku cadang yang sudah lebih dulu berdiri di Banjarmasin, Surabaya, Balikpapan, dan Medan. 

Dengan adanya depo ini, diharapkan dapat mempersingkat waktu pengiriman suku cadang. Serta, meningkatkan performa pelayanan purna jual, di mana ini merupakan bagian Total Support Hino.

Sebelumnya, pengiriman leadtime untuk area Makassar dapat memakan waktu selama 6 hari. Kini dengan adanya depo tersebut, pengiriman dapat lebih cepat dan menjadi hanya 1 hari. 

Begitu juga untuk Kendari, dari 10 hari dapat dipangkas menjadi 4 hari. Sedangkan untuk Palu, Gorontalo, Manado dan Maluku dari sebelumnya menyita waktu selama 11 hari, kini hanya 6 hari. 

Selain itu, pembukaan depo terbaru ini juga menjadi bagian perencanaan jangka panjang yang dilakukan oleh HMSI. Terkait kebutuhan suku cadang dan pelayanan servis kendaraan untuk Indonesia Timur, yang saat ini sedang gencar dilakukan pembangunan oleh pemerintah. Seperti pembangunan jalan tol Trans Sulawesi, pengembangan kawasan kota baru di Sofifi dan Sorong, pembangunan jalan Trans Papua, dan proyek strategis lainnya. 

Depo suku cadang di Makassar ini, juga merupakan salah satu bukti kesiapan Hino dalam menghadapi 2021. Di mana regulasi emisi Euro4 akan diberlakukan dan kendaraan akan memakai teknologi yang lebih maju. 

“Dengan diresmikannya depo ini, kami ingin memastikan ketersediaan suku cadang resmi di dealer-dealer Hino akan selalu ada. Sehingga konsumen tidak perlu khawatir menunggu lama akan perawatan kendaraan bisnisnya,” ujar Direktur Penjualan dan Promosi HMSI, Santiko Wardoyo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement