Selasa 17 Sep 2019 22:56 WIB

Hati-Hati Komen di Youtube, Ini Akibatnya

Youtube memiliki fitur baru bernama kartu profil

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Hati-Hati Komen di Youtube! Salah-Salah Bisa Di..... (FOTO: Unsplash/Szabo Viktor)
Hati-Hati Komen di Youtube! Salah-Salah Bisa Di..... (FOTO: Unsplash/Szabo Viktor)

Warta Ekonomi.co.id, -- Pengguna Youtube agaknya harus berhati-hati dalam meninggalkan komentar di saluran favorit mereka. Pasalnya, platform itu memiliki fitur baru bernama kartu profil. Fitur itu kini tengah diuji coba, menurut TechCrunch.

Fitur itu diumumkan di Youtube Creator Insider, tempat perusahaan membagikan kabar dengan komunitas kreator kontennya. Kartu profil itu akan muncul tiap nama komentar pengguna diklik, menampilkan komentar-komentar terbarunya di saluran berbeda.

"Kartu Profil akan membantu Anda memahami komentar yang ditulis tiap pengguna," kata Direktur Menajemen Produk Youtube, Tom Leung, dilansir dari TechCrunch (17/9/2019).

Baca Juga: Lampaui 100 Juta Subscribers, PewDiePie Dapat 'Hadiah' dari YouTube

Dengan kartu profil itu, akan dimuat komentar terakhir pengguna selama 12 bulan terakhir. Dengan kata lain, fitur ini mirip dengan yang ada di papan pesan lain, seperti Reddit yang menampilkan riwayat komentar lengkap untuk tiap pengguna.

Leung berujar, "Kami harap ini akan memperkuat koneksi dengan pengguna lain di komunitas Youtube dan membantu kreator mengenali sejumlah komentator terbaiknya."

Meskipun tidak disebutkan, fitur baru ini juga dapat mengidentifikasi komentator terburuk kreator  mereka. Artinya, mereka berulah, menggagalkan diskusi, dan menyebabkan masalah dapat dikenali dengan mudah.

Baca Juga: Video Eksperimen Sosial di Youtubenya Dibilang Pencitraan, Baim Wong Beri Tanggapan

Mampu mengakses riwayat komentar seseorang memungkinkan kreator mengambil keputusan lebih tepat dalam memilah komentar yang ditampilkan atau tidak. Kartu Profil baru juga akan memuat tautan ke saluran Youtube komentator.

Uji coba ini merupakan salah satu program yang tengah berjalan di Youtube saat ini. Ke depannya, platform itu berencana menciptakan fitur yang menampilkan pesan yang dipersonalisasi guna membantu menarik pelanggan baru.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement