Senin 09 Sep 2019 17:57 WIB

Pos Indonesia Luncurkan Layanan Sameday Service

Layanan sameday service ini untuk kota di Pulau Jawa dan ibu kota provinsi luar Jawa

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Nidia Zuraya
Pos Indonesia
Pos Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Perkembangan teknologi informasi, adanya kebutuhan masyarakat untuk dapat mengakses layanan jasa kurir dengan mudah, kapan saja dan dimana saja. Selain itu, disruption yang terjadi pada industri e-commerce di tanah air menjadi tantangan tersendiri pagi Pos Indonesia untuk terus bertransformasi.

Menurut Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan Ihwan Sutardiyanta, PT Pos mengeluarkan layanan bagi para  pebisnis online dan pelaku UKM yang ingin melihat layanan dari aspek kecepatan, keamanan dan kepraktisan pengiriman barang. Karena, menjadi bagian penting dari kesuksesan usaha.

Baca Juga

"Saat ini permintaan pasar terhadap layanan lokal dalam kota yang dapat dikirim pada hari yang sama pun semakin tinggi," ujar Ihwan kepada wartawan, Senin (9/9).

Ihwan mengatakan PT Pos Indonesia (Persero) dengan sigap mengeluarkan layanan baru yang sangat mendukung kelancaran usaha para pebisnis ini. Layanan tersebut, bernama Q9, layanan pengiriman barang sameday service dalam kota (khusus Pulau Jawa) dan Ibukota Provinsi untuk kota-kota di luar Pulau Jawa. Yakni, dengan time limit maksimal 9 jam.

Menurutnya, batas akhir pengiriman (cut off time) untuk layanan Q9 sampai pukul 16.00 WIB waktu setempat. "Tarif kiriman Q9 dihitung per-kg, dengan tingkat berat maksimal paket 5 kg," katanya.

 

Ihwan menjelaskan, beberapa keunggulan produk Q9 yang ditawarkan oleh Pos Indonesia adalah pertama, selain layanan di loket-loket Kantor Pos dan Agenpos, Q9 menyediakan layanan jemput kiriman (pick-up service) oleh pasukan O-Ranger dengan menghubungi Call Center 1500 261. 

Keunggulan kedua, kata dia, hingga akhir bulan Desember 2019 berlaku promo gratis ongkos kirim untuk pengiriman berikutnya apabila kiriman tidak tiba di hari yang sama. Ketiga, Q9 membuka layanan COD (Cash on Delivery) atau bayar di lokasi tujuan dengan persetujuan dari pengirim. Dilengkapi dengan aplikasi payment PosGiro Mobile.

Keempat, kata dia, tersedia notifikasi yang akan dikirim kepada penerima barang sesaat setelah kiriman di pos-kan melalui loket Kantor Pos, O-Ranger maupun Agenpos.  

"Pos Indonesia menghadirkan figur maskot bernama Mr Q untuk menggambarkan karakter produk Q9.  Mr Q digambarkan sebagai sosok milenial yang smart," katanya.

Layanan Q9, kata dia, adalah layanan pengiriman langsung dalam kota yang ditargetkan untuk bisa sampai dengan waktu maksimal sembilan jam. "Jadi, di hari ya sama kita harapkan sampai," katanya.

Menurut Ihwan, Q9 ini keunggulannya di waktu tempuh yang pasti. Kemudian, ada garansi ketika tidak memenuhi waktu tempuh yang dijanjikan maka akan diberikan ongkir gratis.

"Untuk harga kompetitif karena memang kita ingin mendukung UMKM di Indonesia supaya bisa tumbuh berkembang bersama sama sehingga kita memberikan harga kompetitif," paparnya.

Ke depan, kata dia, layanan ini akan dikombinasikan dengan layanan COD. Hal ini dilakukan, untuk memudahkan dan mengamankan proses jual beli.

"Ini menggunakan Giro pos dan kita juga sudah punya layanan digital yang kita sebut pos giro mobile. Layanan saat ini di 66 kota yang serentak kita launching," katanya.

Sementara menurut Kepala Regional 5 Jabar Banten PT Pos, Helly Siti Halimah, ia ingin layananan Pos berkembang mungkin dulu hanya cuma punya layanan tertentu. "Itu kami rasa bisa tidak pas dengan kebutuhan pebisnis. Kami ingin mempunyai agiliti bahwa bisnis berkembang seperti apa dan kami ingin memenuhi kebutuhan mereka seperti apa," paparnya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement