REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Astra International Tbk mencatat penjualan mobil sebesar 44.357 unit pada Juli 2019. Angka ini tumbuh 67,13 persen dari bulan sebelumnya 26.539 unit.
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pangsa pasar Astra tumbuh 45 persen menjadi 50 persen. Adapun penjualan didominasi merek Toyota sebanyak 29.499 unit, Daihatsu 13.013 unit, Isuzu sebanyak 1.838 unit dan Peugeot sebanyak tujuh unit.
Head of Investor Relation Astra International Tira Ardianti mengatakan kenaikan mobil didorong berakhirnya periode libur lebaran 2019. “Hari kerja sudah normal, saat bulan Juni ada libur lebaran,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Senin (9/9).
Namun secara penjualan tahunan masih koreksi sebesar 19,15 persen. Pada Juli tahun lalu perusahaan dengan kode saham ASII itu mampu menjual 54.867 unit. Pangsa pasar pun turun tipis dari 51 persen menjadi 50 persen.
Sementara penjualan segmen Low Cost Green Car (LCGC) tumbuh lebih tinggi sebesar 77,54 persen dari 7.579 unit pada Juni menjadi 13.456 unit sebulan setelahnya. Meski penjualan tumbuh, tapi pangsa pasar tergerus dari 71 persen menjadi 68 persen.
Secara tahunan penjualan LCGC turun 8,41 persen. Pada tahun lalu, perusahaan mampu menjual 14.692 unit LCG. Meski pangsa pasar LCGC juga turun dari sebelumnya 70 persen menjadi 68 persen.