REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) UP3 Solo menggelar serangkaian acara untuk memperingati Hari Pelanggan Nasional, Rabu (4/9) lalu. Salah satunya untuk menghimpun masukan dan saran dari pelanggan Tegangan Menengah.
Melalui acara bertema Senyum Pelanggan Indonesia Benderang, PLN menggelar pemeriksaan instalasi dan pemasangan grounding untuk 23 lembaga pendidikan nonkomersial, Sapa Pelanggan dan Kejutan Tok Tok Wow.
Sapa Pelanggan dilakukan bagi pelanggan PLN yang datang ke kantor Unit Layanan Pelanggan (ULP). Bagi Pelanggan yang datang ke kantor ULP, PLN memberi bingkisan kecil berisi suvenir PLN dan bunga. Pelanggan juga dapat berswafoto serta menuliskan harapan dan pesan untuk PLN.
Kegiatan Kejutan Tok Tok Wow merupakan salah satu kegiatan sapa pelanggan PLN dengan daya 240 kVA sampai 15 MVA. Sebanyak 13 pelanggan PLN dengan daya tersebut dikunjungi oleh Jajaran Manajemen PLN UP3 Surakarta sebagai salah bentuk apresiasi PLN kepada pelanggan Tegangan Menengah (TM).
Salah satu pelanggan TM dengan kriteria Tagihan terbesar yang dikunjungi adalah PT Delta Merlin III dengan kontrak daya PLN sebesar 15 MVA yang merupakan perusahaan Tekstil terbesar di wilayah kerja PLN UP3 Surakarta.
Wakil Manajer PT Delta Merlin III, Jordy, menyampaikan PLN dalam meningkatkan pelayanan terkait respons dan jumlah gangguan sepanjang 2019 ini sudah jauh lebih baik dari tahun 2018. "PLN sudah semakin andal dalam mensuplai energi listrik kepada pelanggan," jelasnya seperti tertulis dalam siaran pers, Kamis (5/9).
Kriteria lain yang dikunjungi oleh Jajaran Manajemen PLN UP3 Solo adalah pelanggan Premium, yakni RS Orthopedi. Direktur RS Orthopedi, Pamudji Utomo, menyampaikan sejak menjadi pelanggan premium sudah tidak pernah lagi ada kendala kelistrikan, baik dari sisi kestabilan tegangan, frekuensi maupun padam.
"Dari sisi operasional genset, RS Orthopedi sudah tidak pernah lagi menggunakan genset sehingga biaya pembelian BBM yang selama ini memberatkan tidak ada lagi," ucapnya.
Manager PLN UP3 Solo, Mundhakir, mengungkapkan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk lebih mendekatkan dengan pelanggan PLN dan mengetahui pengalaman selama menjadi pelanggan PLN. Selain itu, untuk menjaring masukan sekaligus antisipasi kebutuhan listrik yang akan datang.
"PLN senantiasa siap untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan layanan terbaik," ujarnya.
Rangkaian kegiatan Hari Pelanggan Nasional (HPN) PLN ditutup dengan penyerahan penghargaan Kampoeng Terang. Juara I dimenangkan oleh Dusun Pacingkerep RT 17 Desa Gematar Kecamatan Mondokan Kabupaten Sragen. Juara II dimenangkan oleh Dusun Nanasan RT 01/RW 03 Desa Malangjiwan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar. Juara III dimenangkan Dusun Karangbendo Desa Krikilan Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen.