Jumat 30 Aug 2019 15:24 WIB

Laba Dell Tumbuh Melebihi Proyeksi, Saham Melonjak 9 Persen

Perusahaan menaikkan harga produk termasuk desktop untuk mengimbangi dampak tarif.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Friska Yolanda
Dell
Foto: Reuters
Dell

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Dell Technologies Inc mengalahkan estimasi laba Wall Street pada hari Kamis (29/8), dibantu oleh permintaan yang lebih tinggi untuk desktop, serta fokus pada kontrak yang lebih menguntungkan di dalam unit servernya di Cina. Saham perusahaan naik 9 persen dalam perdagangan yang diperpanjang.

Pembuat PC ini melihat penurunan permintaan di seluruh industri di Cina di tengah meningkatnya perang perdagangan China-AS. Tetapi fokus perusahaan pada kesepakatan besar selektif di negara Asia membantunya mendapatkan dolar AS dengan margin lebih tinggi di pasar yang lambat.

Itu membantu perusahaan memperkirakan laba per saham yang disesuaikan setahun penuh dalam kisaran 6,95 dolar AS hingga 7,40 dolar AS. Nilai ini di atas perkiraan analis dari 6,42 dolar AS, menurut data IBES dari Refinitiv.  

Perusahaan mengatakan sedang berupaya menaikkan harga produk termasuk desktop dan workstation untuk mengimbangi dampak tambahan tarif 5 persen efektif 1 September pada barang-barang Cina. "Biaya kami akan naik dan kami harus memindahkan harga," kata Chief Operating Officer Jeffrey Clarke pada panggilan konferensi dengan para analis.

Penjualan turun 7 persen dalam bisnis server perusahaan menjadi 8,6 miliar dolar AS. Tetapi pendapatan operasional naik 4 persen menjadi 1,05 miliar dolar AS. Dell mengatakan pesanan server di luar Cina naik 1 persen pada kuartal kedua dan perusahaan mengharapkan untuk mendapatkan pangsa pasar pada kuartal saat ini di Amerika Utara, dan Eropa, Timur Tengah dan Afrika.

Perusahaan melaporkan lonjakan pendapatan sebesar 6 persen dalam bisnis solusi kliennya, yang membuat PC desktop, notebook, dan tablet, serta perangkat bermerek. Pendapatan operasional di unit lebih dari dua kali lipat menjadi 982 juta dolar AS.

Dell mendapat manfaat dari peningkatan penjualan workstation ke perusahaan dan komputer pribadi kelas atas untuk gaming. Perusahaan kembali ke pasar saham setelah jeda enam tahun pada Desember tahun lalu setelah membeli kembali minat pembuat perangkat lunak VMware, di mana saat ini memegang saham mayoritas.  

Dell membukukan laba bersih sebesar 4,51 miliar dolar AS untuk kuartal kedua yang berakhir 2 Agustus, dibandingkan dengan kerugian sebesar 461 juta dolar AS setahun sebelumnya. Tidak termasuk item, perusahaan memperoleh 2,15 dolar AS per saham, di atas perkiraan analis rata-rata 1,47 dolar AS per saham. Total pendapatan naik 2 persen menjadi 23,37 miliar dolar AS, mengalahkan estimasi analis rata-rata 23,24 miliar dolar AS.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement