Senin 12 Aug 2019 04:54 WIB

Peluang Bisnis Kompresi Data, Startup Ini Makin Eksis

Masyarakat umum memiliki keterbatasan data internet dan memerlukan kompresi

Rep: Novita Intan/ Red: Elba Damhuri
Startup. Ilustrasi
Foto: expertbeacon.com
Startup. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Prospek usaha bidang informasi dan teknologi cukup besar. Hal ini memunculkan tumbuhnya perusahaan rintisan alias startup pada sektor ini.

Terbaru, startup Kecilin.id telah memulai layanannya sejak 2018 untuk membuat kesetaraan dalam mengakses informasi bagi para pelaku usaha dan masyarakat umum. Founder Kecilin.id, Christoper Farrel Millenio Kusuma, mengatakan para pelaku usaha dan masyarakat umum memiliki keterbatasan data internet dengan memberikan kompresi yang efisien.

“Sekitar 2016 saya menemukan bahwa kompresi mempunyai value yang sangat tinggi. Sejak itu saya melakukan riset mengenai kompresi baik itu melalui internet, buku Compression Handbook karya David Solomon dan dari sumber lainnya. Pada 2018 kami mulai meluncurkan Kecilin.id dengan tujuan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat yang ingin melakukan kompresi secara cepat dan mudah,” kata Millenio dalam keterangan tulis yang diterima Republika, Ahad (11/8).

Dia menjelaskan perbedaan Kecilin dengan yang lain adalah core algoritme yang diciptakan oleh Kecilin.id berdaraskan Genetic Algorithm yang memberikan kompresi yang tinggi, proses kompresi yang cepat tetapi kebutuhan penggunaan power yang sangat rendah. Kecilin memiliki kemampuan untuk kompres file database hingga 99,99 persen dan tidak ada perubahan di matric data atau biasa disebut lossless.

Kecilin juga memiliki kemampuan untuk kompresi gambar hingga 90 persen dan kompresi video hingga 75 persen tanpa mengurangi kualitas media tersebut. Semisal, dia mengklaim mampu melakukan kompresi gambar dari 1,48 GB menjadi 215 MB tanpa mengurangi kualitas gambar.

"Saat ini pengguna di Kecilin.id telah mencapai lebih dari 1.500 pengguna setiap harinya dan kami yakin angka ini akan terus bertambah dikarenakan layanan yang kami tawarkan sangat berguna bagi masyarakat baik perseorangan maupun pelaku usaha,” kata Millenio menjelaskan.

Sementara Founder Digiasia Bios Alexander Rusli menambahkan Digiasia merupakan bagian dari Kecilin.id sejak awal. “Kami yakin dengan apa yang Farrel dan team lakukan akan membawa manfaat yang besar dan akan menjadi kebutuhan banyak orang kedepannya nanti,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement