Senin 29 Jul 2019 09:45 WIB

Jembatan Putus Saat Truk PLN Hendak Terangi Listrik Banggai

Jembatan akses menuju 6 desa yang akan dilistriki oleh PLN putus.

Jembatan akses menuju 6 desa yang akan dilistriki oleh PLN putus.
Foto: Pln
Jembatan akses menuju 6 desa yang akan dilistriki oleh PLN putus.

REPUBLIKA.CO.ID BANGGAI -- PLN berkomitmen menghadirkan liatrik hingga ke pelosok negeri.  Seringkali medan yang berat dan akses yang terbatas menjadi kendala saat para petugas PLN, akan melakukan perluasan jaringan listrik. 

Pada  Sabtu (20/7) dini hari,  PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Suluttenggo yang tergabung dalam Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UPPK) Sulawesi Tengah mengalami kendala.  Truk pengangkut berisikan meterial tiang listrik terperosok di jembatan kayu yang menghubungkan antara Kabupaten Tojo Unauna (Touna) dan Kabupaten Bangga , Provinsi Sulawesi Tengah. 

Baca Juga

Jembatan yang terbuat dari kayu sepanjang 40 meter tersebut putus saat Truk menyeberangi sungai.  Beruntungnya  kejadian tidak menimbulkan korban jiwa.

photo
Jembatan akses menuju 6 desa yang akan dilistriki oleh PLN putus.

“Jembatan Popanga itu merupakan akses utama ke Kecamatan Ampana Tete, lokasi untuk perluasan jaringan listrik,” kata Robert Weku Manajer PLN UP2K Sulawesi Tengah.

Weku menambahkan PLN UP2K Sulawesi Tengah dan penyesia jasa atau vendor yang mengerjakan perluasan jaringan listrik tersebut akan berusaha agar material bisa sampai ke lokasi, termasuk akan memperbaiki jembatan agar pekerjaan pemasangan jaringan tepat waktu.

“Untuk menerangi wilayah yang belum tersentuh listrik di Sulawesi Tengah akan terus diupayakan meskipun harus melewati jembatan yang putus,” ujar Weku.

Jembatan tersebut merupakan akses menuju 6 Desa yang akan dilistriki oleh PLN, yaitu di Desa Balingara, Desa Sukamaju,Desa Empoa, Desa Bulan Jaya, Desa Wanasari, dan Desa Giri Mulyo. Saat ini rasio elektrifikasi di Sulawesi tengah sebesar 84,23 persen. Ditargetkan pada akhir tahun ini Rasio Elektrifikasi dapat mencapai 99,99 persen.

Jembatan Popanga yang terbuat dari kayu itu merupakan penghubung dari lokasi Dataran Bulan, Kecamatan Ampana Tete, Kabupaten Tojo Unauna menuju ke Kecamatan Nuhon.

“Memang Jembatan itu terbuat dari kayu dan tidak bisa dilalui dengan kendaraan yang bermuatan barang bawaan yang banyak, namun kami mengapresiasi perjuangan rekan-rekan PLN yang tetap bekerja melanjutkan pemasangan tiang listrik” kata Tri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement