Jumat 07 Jun 2019 10:20 WIB

Google akan Beli Perusahaan Data 2,6 Miliar Dolar AS

Pemerintah AS sedang melakukan pengawasan antimonopoli terhadap Google

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nidia Zuraya
Google
Foto: AP PHOTO
Google

REPUBLIKA.CO.ID, OAKLAND -- Google akan mengakuisisi perusahaan analitik data. Langkah akuisisi ini dilakukan ditengah kebijakan pemerintah yang sedang meningkatkan pengawasan antimonopoli terhadap raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) itu.

Google mengatakan pihaknya berencana untuk membeli perusahaan analitik data Looker sebesar 2,6 miliar dolar AS dalam upaya mengejar ketinggalan para pesaing dalam bisnis cloud computing. Transaksi, yang tunduk pada persetujuan pemerintah, akan menjadi ujian langsung bagi regulator.

Baca Juga

"Beberapa tahun yang lalu, kesepakatan ini akan dilalui tanpa banyak pengawasan," kata Paul Gallant, analis teknologi dengan Cowen yang berfokus pada masalah regulasi.

"Kami berada di dunia yang berbeda hari ini, dan mungkin ada beberapa penyesalan pembeli dari regulator atas kesepakatan teknologi sebelumnya seperti ini." tambahnya, dilansir di New York Times, Jumat (7/6).

Argumen utama yang menentang kekuatan raksasa teknologi adalah sejarah mereka mendapatkan ukuran besar dengan mengakuisisi perusahaan lain, dan beberapa politisi telah menyarankan memecah perusahaan seperti Google dan Facebook.

Dalam beberapa minggu terakhir, Departemen Kehakiman dan Komisi Perdagangan Federal mengungkapkan pengawasan anti kepercayaan dari beberapa perusahaan teknologi terbesar, dengan Departemen Kehakiman menangani Google dan Apple dan FTC menangani Facebook dan Amazon. Anggota parlemen juga mengatakan mereka berencana untuk menyelidiki kekuatan dan pengaruh raksasa teknologi.

Looker dapat mendukung unit cloud Google, yang menjual daya komputasi, penyimpanan data, dan analitik data kepada perusahaan. Didirikan pada 2011, Looker telah berkembang pesat, sekarang membantu lebih dari 1.700 perusahaan memahami dan menganalisis data mereka.

Perusahaan, yang berbasis di Santa Cruz, California ini telah mengumpulkan lebih dari 280 juta dolar AS dalam pendanaan, menurut situs pelacakan usaha Crunchbase.

Para eksekutif di Google Cloud, yang secara signifikan membuntuti Amazon dan Microsoft di pasar komputasi awan, berharap kesepakatan itu akan membuat layanannya lebih menarik bagi perusahaan.

Kepala eksekutif Google Cloud, Thomas Kurian, mengatakan kesepakatan itu tidak menimbulkan masalah antimonopoli karena banyak pesaing analitik data yang serupa tetap ada di pasar. Saingan Google, Amazon dan Microsoft memiliki alat serupa, dan Google tidak memperoleh data pelanggan dalam transaksi tersebut.

"Kami membeli kemampuan perangkat lunak, yang berarti alat intelijen bisnis, dan kami tidak membeli data apa pun," katanya.

Google dan Looker memiliki argumen kuat bahwa mereka tidak akan terlalu kuat: Bersama-sama mereka akan memiliki sekitar 1 persen dari sekitar 12,7 miliar dolar AS pasar untuk apa yang disebut alat intelijen bisnis, menurut IDC, sebuah perusahaan riset pasar.

Namun, regulator antitrust dapat mempertimbangkan kemungkinan bahwa Google akan meminta agar Looker tidak lagi bekerja dengan platform cloud-computing dari Amazon dan Microsoft. Google dan Looker menolak gagasan itu pada Kamis (6/6).

"Tidak, kami akan terus mendukung banyak cloud," kata Kurian ketika ditanya apakah Google akan membuat Looker eksklusif untuk Google Cloud.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement