Selasa 04 Jun 2019 16:05 WIB

H-2, Konsumsi Avtur di Soekarno-Hatta Naik Satu Persen

Naiknya konsumsi avtur dipicu oleh frekuensi pesawat terbang.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Friska Yolanda
Petugas mengisi bahan bakar pesawat/avtur (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Petugas mengisi bahan bakar pesawat/avtur (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsumsi Avtur sebagai bahan bakar pesawat terbang naik pada sepekan terakhir. Pada 3 Juni, naiknya konsumsi Avtur masih terjadi terutama terjadi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang dan Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Kenaikan tertinggi terjadi pada 2 Juni 2019.

Unit Manager Communication Relations & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami mengungkapkan, pada 3 Juni 2019 di Bandara Soekarno-Hatta konsumsi Avtur naik satu persen dibandingkan rata-rata konsumsi harian pada kondisi normal. Sementara itu, konsumsi avtur di bandara lainnya yakni Bandara Husein Sastranegara, Pondok Cabe, dan Bandar Udara Internasional Kertajati di Majalengka turun signifikan hingga lebih dari 15 persen. 

Baca Juga

Dewi menambahkan, pada sepekan terakhir, kondisi puncak konsumsi Avtur yakni pada 2 Juni. Pada tanggal itu, kenaikan terjadi sebesar 11,4 persen dibandingkan kondisi harian rata-rata normal. 

"Naiknya konsumsi avtur dipicu oleh frekuensi pesawat terbang, yang menjadi salah satu pilihan pemudik," ujar Dewi, Selasa (4/6).

Berdasarkan estimasi Pertamina, masa puncak konsumsi Avtur kembali terjadi pada 7 Juni 2019, yakni H+2 Hari Raya Idul Fitri. Pasalnya, masyarakat melakukan liburan paska berkumpul dengan sanak saudaranya di Hari Raya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement