Jumat 31 May 2019 13:24 WIB

Pelabuhan Marunda Bantu Topang Pelabuhan Tanjung Priok

Pelabuhan Marunda memiliki panjang bibir pantai 1.700 meter

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Andi Nur Aminah
 Warga memasukkkan barang bawaanya ke dalam kapal di pelabuhan Cilincing Marunda, Jakarta, Kamis (12/1).
Foto: Republika/Darmawan
Warga memasukkkan barang bawaanya ke dalam kapal di pelabuhan Cilincing Marunda, Jakarta, Kamis (12/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keberadaan Pelabuhan Marunda dinilai sangat penting dalam menopang pelayanan kepelabuhan di Tanjung Priok, yang saat ini sudah terlalu padat. Direktur Center for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi menuturkan, pemerintah terlalu fokus kepada pembangunan infrastruktur jalan tol. Akibatnya, poros maritim yang menjadi program Presiden Joko Widodo kurang dilirik.

"Salah satunya Pelabuhan Marunda, yang proyeknya tertunda," ujar Uchok di Jakarta, dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (31/5).

Baca Juga

Uchok menjelaskan, jika Pelabuhan Marunda berjalan dengan cepat dan lancar, maka dapat membantu kegiatan bongkar muat barang yang saat ini di Pelabuhan Tanjung Priok sudah terlalu padat. "Pelabuhan Marunda, kalau cepat dibangun atau di prioritaskan bisa membantu Pelabuhan Tanjung Priok karena saat ini pelayanannya sangat jelek, terlalu padat bongkar muat kapal dan pendangkalan laut," tutur Uchok.

PT Karya Citra Nusantara (KCN) berkomitmen untuk memperkuat program pemerintah yang tertuang dalam Nawa Cita dengan pembangunan infrastruktur tol laut non APBN & APBD yakni Poros Maritim. PT KCN sendiri mengelola Pelabuhan Marunda yang terletak di kawasan Berikat Nusantara Marunda, yang berjarak sekitar tiga kilometer dari Pelabuhan Tanjung Priok.

Aktivitas pelabuhan 24 jam itu melayani beragam kapal curah seperti batu bara, tiang pancang, minyak sawit mentah, pasir dan semen. Pelabuhan Marunda sendiri memiliki panjang bibir pantai 1.700 M dari Cakung Drain - Sungai Blencong yang terdiri dari Pier 1, Pier 2, Pier 3. PT KCN sendiri telah mempersiapkan dermaga Pier 1 dengan panjang dermaga siap pakai 800 Meter dari 1.975 Meter dan luas lahan pendukung 20 Ha dari 42 Ha.

Diketahui, Poros Maritim berfokus pada lima pilar utama. Di antaranya adalah membangun kembali budaya maritim Indonesia, menjaga sumber daya laut dan menciptakan kedaulatan pangan laut dengan menempatkan nelayan pada pilar utama.

Poros Maritim ala Jokowi juga memberi prioritas pada pembangunan infrastruktur dan konektivitas maritim dengan membangun tol laut, //deep seaport, logistik, industri perkapalan, dan pariwisata maritim

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement