Selasa 28 May 2019 20:19 WIB

Kemajuan Pertanian Dirasakan Masyarakat

Amran tak ingin petani sampai merasakan kesulitan.

Red: EH Ismail
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat membagikan bantuan bibit kopi unggul di Kabupaten Tanah Toraja, Sulawesi Selatan, Selasa (12/3).
Foto: Republika/Retno Wulandhari
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat membagikan bantuan bibit kopi unggul di Kabupaten Tanah Toraja, Sulawesi Selatan, Selasa (12/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) berupa program pemberdayaan petani dan peningkatan produksi pangan berdampak luas. Masyarakat di berbagai daerah dinilai merasakan dampak tersebut berupa kemudahan menjangkau pangan.

Anggota DPR dari PDIP Ono Surono menilai Menteri Pertanian Amran Sulaiman mempunyai visi dan misi kerja yang baik terhadap petani. Sikap yang ditunjukan Amran Sulaiman dengan memperhatikan kepentingan petani akan mampu mempercepat terealisasinya kedaulatan pangan nasional.

"Memperhatikan kepentingan petani itu cara menuju kedaulatan pangan. Kesejahteraannya diperhatikan, produksinya dibantu ditingkatkan. Selama ini Amran Sulaiman telah baik melakukannya," ujar politisi PDIP Ono Surono, pada Selasa (28/5).

Ono mengungkapkan, kepekaan Amran Sulaiman terhadap kebutuhan petani pada akhirnya dapat dirasakan hasilnya saat ini. Seperti ketersediaan infrastruktur irigasi, subsidi pupuk, alat mesin pertanian modern, asuransi tani, bahkan sampai bantuan modal. Soal itu semua Amran Sulaiman diakui cukup responsif.

Kepedulian lain Amran Sulaiman yang disambut positif, ucap Ono, adalah sikapnya yang tak ingin petani sampai merasakan kesulitan dan terpaksa harus mengeluh. "Kalau terjadi begitu Amran Sulaiman segera mengambil kebijakan terbaik ke petani. Sehingga nggak sampai terus keluhannya," kata Ono.

Ono juga mendukung upaya Amran Sulaiman yang pada beberapa hal memang terbukti moncer meningkatkan produksi pangan. Dengan demikian, Ono menuturkan, mampu menjaga stabilitas stok pangan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement