Kamis 23 May 2019 13:49 WIB

Kas Keliling Monas Ditutup, BI Sarankan Tukar Uang di Bank

Layanan kas keliling masih dihentikan sambil menunggu perkembangan lebih lanjut.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Gita Amanda
Petugas melayani penukaran uang pecahan kecil di Lapangan IRTI Monas, Jakarta, Senin (13/5).
Foto: Republika/Prayogi
Petugas melayani penukaran uang pecahan kecil di Lapangan IRTI Monas, Jakarta, Senin (13/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) menyarankan masyarakat melakukan penukaran uang baru di bank-bank terdekat. Hal ini karena tempat penukaran uang yang disediakan BI di IRTI Monas dan Museum BI ditutup sementara hingga hari ini, Kamis (23/5).

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko menyampaikan layanan kas keliling masih dihentikan sambil menunggu perkembangan lebih lanjut. Belum diketahui kapan layanan tersebut bisa beroperasi kembali.

Baca Juga

"Namun layanan penukaran dan aktivitas kas keliling tetap dapat dilayani di kantor bank-bank terdekat," kata dia, Kamis (23/5).

Layanan penukaran uang di Monas tidak beroperasi sejak Rabu lalu karena kerusuhan di sekitar wilayah Thamrin, Jakarta Pusat. Kas keliling yang diikuti sejumlah bank tersebut seharusnya akan berlangsung hingga 29 Mei 2019.

Setiap bank menyediakan uang baru dalam jumlah yang sama yakni Rp 400 juta setiap harinya. BI telah mengimbau masyarakat untuk menukar uang baru di tempat-tempat resmi daripada menukar di jalanan.

BI menambah titik penukaran uang pada tahun ini menjadi 2.941 titik di seluruh Indonesia. Jumlahnya naik dari 1.776 titik penukaran pada 2018. Di Jabodetabek sendiri, jumlah titik penukaran uang ada 287 lokasi, naik dari 160 titik tahun lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement