Ahad 12 May 2019 12:18 WIB

BRI Kembangkan Layanan Kredit Online

Layanan kredit online BRI diterapkan bagi nasabah kredit mikro

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Bank Rakyat Indonesia
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Bank Rakyat Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tengah mengembangkan layanan pengajuan kredit mikro secara digital, bernama BriSpot. Mengingat Layanan financial technology (fintech) khususnya kredit kini sedang berkembang pesat di Indonesia dan menjadi pesaing perbankan dalam menyalurkan kredit.

Direktur utama BRI Suprajarto mengatakan langkah ini memudahkan nasabah menyalurkan kredit agar lebih mudah dan efisien menggunakan teknologi. “BriSpot ini sekarang prosesnya masih 14 jam, tapi kita harap bisa lebih cepat bahkan di wilayah remote area," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Ahad (12/5).

Baca Juga

Dia menjelaskan nantinya layanan ini tak hanya diterapkan untuk kredit mikro tapi juga kredit dalam kategori yang kecil. Menurut Supra dengan BriSpot ini proses pengajuan dan analisa kredit bisa lebih cepat.

“Saat ini seluruh tenaga pemasar mikro BRI telah menggunakan BriSpot dalam melakukan proses kredit, dan hal tersebut terbukti efektif karena proses kredit mikro di BRI menjadi lebih sangat cepat,” jelasnya.

Sementara Direktur BRI Handayani menambahkan aplikasi ini merupakan sebuah terobosan digital Bank BRI untuk membuat proses kredit mikro lebih cepat, efisien, paperless dan digital base. BriSpot ini juga bisa mendorong permintaan kredit yang lebih tinggi, dan pada tahun ini BriSpot juga akan digunakan untuk kredit konsumer.

"Jadi prosesnya keseluruhan digital, sehingga keputusan penyaluran kredit bisa kurang dari satu hari. Ini harapannya bisa menyaingi fintech yang mampu memberikan kredit tanpa agunan dengan sangat agresif," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement