Kamis 09 May 2019 16:39 WIB

Harga Bawang Putih di DIY Terkendali

Bawang putih dijual di kisaran Rp 46 ribu sampai Rp 48 ribu per kilogram.

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Friska Yolanda
Bawang putih
Foto: Antara/Dziki Oktomauliyadi
Bawang putih

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA --  Harga bawang putih di DIY sudah dapat dikendalikan. Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Yanto Apriyanto mengatakan, saat ini harganya pun sudah mulai turun. 

Ia menjelaskan, pihaknya sudah beberapa kali melakukan operasi pasar agar harga bawang putih tidak semakin tinggi. Saat ini harga bawang putih turun dikisaran harga Rp 46 ribu hingga Rp 48 ribu. 

Baca Juga

"Kemarin kan harganya mencapai antara Rp 60 ribu sampai Rp 70 ribu," kata Yanto saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (9/5). 

Penurunan ini juga karena pasokan bawang putih yang juga terus dijaga. Bahkan, distribusi bawang putih ke DIY juga lancar. 

"Pasokan sudah mulai lancar. Distributor-distributor sudah masuk misalnya ke Beringharjo. Distributor Ada dari Semarang , Ambarawa dan Solo," jelasnya. 

Untuk terus menjaga pasokan dan harga bawang putih agar selalu dalam posisi aman, pihaknya melakukan pemantauan dan pengawasan secara aktif. Jika terjadi fluktuasi harga yang tidak wajar, maka pihaknya siap melakukan pengawasan dan penindakan bersama dengan Satgas Pangan. 

"Kita siap dengan Satgas Pangan. Untuk itu kita tetap melakukan pengawasan, kita lakukan pemantauan tiap hari di pasar," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement