Kamis 02 May 2019 09:57 WIB

Garuda Indonesia Kerja Sama Japan Airlines Perkuat Codeshare

Kerja sama codeshare dengan Japan Airlines untuk penerbangan Jakarta-Osaka dan Nagoya

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Garuda Indonesia
Foto: ANTARA
Garuda Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Garuda Indonesia bersama Japan Airlines (JAL) memperluas kerja sama codeshare bagi para pengguna jasa kedua maskapai, untuk berpergian antara Jepang dan Indonesia. Direktur Niaga Garuda Indonesia Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan perluasan kerja sama codeshare tersebut  untuk meningkatkan pangsa pasar dan konektivitas di kawasan Asia Pasifik.

"Jepang merupakan pasar yang sangat penting bagi Garuda Indonesia. Kerja sama ini kami harapkan dapat memberikan nilai tambah bagi seluruh penumpang Garuda Indonesia dan JAL, khususnya dalam memberikan ragam pilihan jadwal penerbangan bagi pengguna jasa untuk melakukan perjalanan dari Indonesia ke Jepang maupun sebaliknya," ujarnya dalam keterangan tulis yang diterima Republika, Kamis (2/5).

Baca Juga

Menurutnya kolaborasi strategis bersama JAL juga akan terus ditingkatkan melalui pengembangan program frequent flyer hingga pengembangan kapasitas market share.

Melalui kerja sama perluasan codeshare yang efektif beroperasi mulai 8 Mei 2019 mendatang tersebut, Garuda Indonesia menyepakati perluasan pengembangan jaringan penerbangan codeshare sebagai marketing carrier atau menempatkan nomor penerbangannya (flight number) untuk rute penerbangan Haneda - Osaka Itami (PP) yang dilayani oleh Japan Airlines.

Sebaliknya, Japan Airlines turut menyepakati perluasan jaringan penerbangan dengan menjadi  marketing carrier atau  menempatkan nomor penerbangannya (flight number) pada penerbangan Garuda Indonesia untuk rute Jakarta - Osaka Kansai dan Jakarta - Nagoya.

Sebelumnya melalui jalinan kerja sama codeshare bersama JAL dan Garuda Indonesia telah menyepakati pengembangan jaringan penerbangan codeshare disejumlah rute yang dilayani masing - masing maskapai seperti rute Jakarta - Haneda, Jakarta - Yogyakarta, Jakarta- Surabaya, dan Jakarta - Narita yang dilayani oleh Garuda Indonesia.

Adapun JAL turut memperluas pangsa pasar jaringan codeshare penerbangan melalui rute Narita - Jakarta, Haneda - Nagoya,  Haneda - New Chitose, dan Haneda - Fukuoka.

"Dengan demikian, saat ini Garuda Indonesia dan JAL memiliki sebanyak 11 rute penerbangan codeshare dari dan menuju Indonesia - Jepang", ucapnya.

Lebih lanjut, melalui perluasan rute jaringan penerbangan codeshare tersebut, pengguna jasa dapat memiliki pilihan jadwal penerbangan yang lebih beragam. Adapun saat ini, Garuda Indonesia melayani rute penerbangan Jakarta - Osaka pp sebanyak 3 Kali seminggu. Sedangkan Jakarta - Nagoya dioperasikan sebanyak 4 kali seminggu. Kedua rute tersebut dioperasikan dengan menggunakan pesawat jenis Airbus A330-300.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement