Senin 29 Apr 2019 14:23 WIB

Pertamina Antisipasi Ketersediaan BBM di Tol Trans Jawa

Pertamina memiliki 44 SPBU dan menyediakan SPBU mobile di 25 titik sepanjang tol.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Gita Amanda
Sejumlah petugas mengatur kendaraan melintasi jalan Tol Surabaya Mojokerto saat penyusuran pra uji laik fungsi dan keselamatan Trans Jawa, Gresik, Jawa Tengah.
Foto: Antara/Zabur Karuru
Sejumlah petugas mengatur kendaraan melintasi jalan Tol Surabaya Mojokerto saat penyusuran pra uji laik fungsi dan keselamatan Trans Jawa, Gresik, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada musim mudik Lebaran 2019, akses dari Merak hingga Probolinggo sudah tersambung dengan adanya Tol Trans Jawa. Merespons hal tersebut, PT Pertamina (Persero) mulai mempersiapkan ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di jalur tol tersebut selama musim mudik nanti.

"Khusus tol ini tahun pertama dari ujung barat ke timur Jawa kemungkinan menarik orang lewat tol, kita siapkan SPBU mobile," kata SVP Retail Marketing Business Pertamina Jumali dalam konferensi pers di Hotel Borobudur, Senin (29/4).

Baca Juga

Jumali menjelaskan untuk di jalur tol Jawa, Pertamina memiliki 44 SPBU. Selain itu, juga menyediakan SPBU mobile yang disertakan disepenser di 25 titik sepanjang Tol Trans Jawa.

Selain itu, Jumli menegaskan Pertamina akan menyediakan fasilitas ketersediaan BBM di rest area tipe B. "Kalau rest area tipe B belum ada layanan BBM akan disiapkan SPBU mobile," ujar Jumali.

Dia menambahkan pertamina juga akan menyediakan kios kemasan BBM di 43 titik Tol Trans Jawa. Sementara di parking bay yang area tempatnya terbatas juga akan diberikan layanan kios BBM kemasan karena terlalu besar jika menggunakan mobile dispenser.

Dengan prediksi peningkatan konsumsi BBM 15 persen per hari selama Ramadhan hingga Lebaran Idul Fitri 2019, Jumali memastikan Pertamina dapat memenuhi kebutuhan tersebut. "Kita siapkan tanki BBM (di setiap SPBU). Begitu stok menipis kita bongkar mobil tank tersebut," tutur Jumali.

Jika ditotal untuk jalur Pantura, Tol Trans Jawa, jalur selatan, dan Sumatra, Pertamina memiliki 824 SPBU, 67 kios kemasan, 200 motor kemasan, 26 mobile dispenser, dan 115 SPBU kantong BBM.

Konsumsi BBM, khusus di jalur tol wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta pada musim mudik tahun ini diperkirakan mengalami lonjakan tertinggi hingga 300 persen dibandingkan tahun lalu. Selanjutnya disusul Jawa Timur 140 persen, dan DKI Jakarta serta Jawa Barat mencapai 100 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement