Selasa 16 Apr 2019 23:27 WIB

Pameran Makanan Halal Perdana Asia Dihelat di Singapura

Pasar industri halal diprediksi terus meningkat secara global.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nashih Nashrullah
Makanan halal (ilustrasi)
Foto: republika.co.id
Makanan halal (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA — Pusat Expo dan Konvensi Sands di Marina Bay Sands, Singapura menjadi tuan rumah penyelenggaraan Superfood Asia perdana. Kegiatan itu menjadi wadah pameran makanan dan minuman yang fokus pada makanan sehat, alami, dan halal mulai 24 hingga 26 April.

Seperti dilansir di The Straits Times pada Selasa (16/4), acara tersebut menjadi pameran perdagangan makanan dan minuman khusus pertama dan satu-satunya di Asia. Penyelenggara kegiatan adalah Sphere Exhibits yang merupakan anak perusahaan Singapore Press Holdings.

Baca Juga

Peserta pameran Superfood Asia berasal dari Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Cina, India, Vietnam, Indonesia, Taiwan, Filipina, Sri Lanka, Australia, Peru, dan Meksiko. Pameran itu menargetkan 8.000 pengunjung dari 46 negara.

Ketua Sphere Exhibits, Chua Wee Phong, menjelaskan segmen sehat dan alami, serta segmen halal dari pasar makanan dan minuman memiliki potensi pertumbuhan kuat. 

Hal itu didasarkan pada terus meningkatnya permintaan pada segmen tersebut. Berdasarkan laporan firma riset pasar Hexa Research pada 2017, pasar makanan halal global dapat mencapai 2,55 triliun dolar AS (3,45 triliun dolar Singapura) pada 2024.

Pameran perdagangan Superfood Asia berfungsi sebagai platform untuk industri dan meningkatkan ketersediaan produk-produk tersebut di kawasan itu. Hal tersebut tentu memberikan peluang merek dan bisnis untuk menunjukkan potensi produk masing-masing produsen.

Perusahaan lokal, seperti jaringan supermarket Sheng Siong, FairPrice, Cold Storage, Caltex, 7-Eleven, dan Origins Healthcare salah satu calon pembeli dalam kegiatan tersebut. 

Karena itu, produk yang akan dipamerkan adalah camilan sehat yang terbuat dari buah dan sayuran, beras indeks glikemik rendah dengan biji-bijian dan kacang-kacangan, produk lebah organik, dan berbagai produk minuman sehat. Produk halal dari unggas organik, daging beku, dan saus juga akan dipamerkan.

Aula pameran akan buka pukul 10.30 waktu setempat setiap hari. Pameran akan tutup pukul 18.00 pada 24 dan 25 April, serta pukul 17.00 pada 26 April. Pameran dibuka secara gratis bagi pengunjung dan peserta.   

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement