Senin 25 Mar 2019 17:11 WIB

Panen di Indramayu Baru 20 Persen

Hasil panen kali ini dinilai pemerintah daerah cukup memuaskan.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Friska Yolanda
Panen padi (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko
Panen padi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU  -- Luas lahan panen di Kabupaten Indramayu masih minim. Namun, hasil panen selama ini cukup tinggi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu, Takmid, menyebutkan, luas tanam padi pada musim tanam rendeng 2018/2019 di Kabupaten Indramayu mencapai 130 ribu hektare. Dari jumlah itu, lahan yang panen baru sekitar 26 ribu hektare.

Baca Juga

"Luas panen masih sedikit, baru sekitar 20 persen dari luas tanam," ujar Takmid saat ditemui di gedung DPRD Indramayu, Senin (25/3).

Takmid memperkirakan, puncak panen raya di Kabupaten Indramayu baru akan berlangsung pada April 2019. Sedangkan, saat ini panen baru terjadi di sejumlah desa, terutama di wilayah Indramayu barat.

Lahan persawahan di wilayah barat sebelumnya sudah memulai tanam lebih awal dibandingkan dengan wilayah lainnya. Karenanya, masa panen di wilayah itu pun lebih dulu dibandingkan wilayah lainnya.

Takmid menilai, pada panen kali ini, jumlah produksi padi per hektarenya cukup memuaskan. Dia menyebutkan, dari wilayah yang sudah panen, rata-rata produksinya mencapai 6,9 ton per hektare. Bahkan, ada pula yang mampu menghasilkan gabah hingga 7,3 ton per hektarenya.

Hingga saat ini, pihaknya juga belum menerima adanya laporan dari petani terkait serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) yang masif. Menurut dia, area persawahan pada musim tanam kali ini cukup aman dari serangan OPT.

Melihat kondisi tersebut, Takmid optimistis target produksi padi di Indramayu bisa mencapai target. Dia menyebutkan, pemerintah daerah menargetkan produksi padi mencapai 1,7 juta ton per tahun.

"Target itu masih sama seperti tahun lalu. Kami optimistis bisa tercapai," ucap Takmid.

Wakil Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Indramayu Kabupaten Indramayu, Sutatang, menyatakan, rata-rata produksi padi di Kabupaten Indramayu saat ini memang berada di kisaran 6,9 ton lebih per hektarenya. "Hasil panen cukup bagus," cetus Sutatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement