Kamis 21 Mar 2019 05:55 WIB

IKA Unpad Selenggarakan International Business Summit

Seminar mengundang pelaku bisnis dan pakar bisnis nasional dan internasional.

Salah satu kegiatan seminar ekonomi yang diadakan oleh IKA Unpad.
Foto: Dok IKA Unpad
Salah satu kegiatan seminar ekonomi yang diadakan oleh IKA Unpad.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG --  Keuangan digital merupakan isu hangat di  sektor ekonomi. Salah satu buktinya,  financial technology menjadi salah satu prioritas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menerbitkan OJK Innovation Centre for Digital Financial Technology (OJK Infinity) atau Pusat Inovasi Keuangan Digital OJK. Pada nantinya berbagai teknologi keuangan tersebut mengubah pola dalam penyediaan layanan keuangan.  

Terkait hal tersebut,  Ikatan Alumni (IKA) Unpad mengadakan International Business Summit 2019 dengan tema “Cerdas Berbisnis Dalam Mempercepat Penguatan Ekonomi Indonesia Sinergi Sektor Digital Keuangan Dan Perbankan Nasional”. Seminar diadakan hari ini, Kamis (21/3) pukul 08.00 sampai 16.00 WIB di Ballroom Bidakara Grand Savoy Homann, Jalan Asia Afrika No.112, Bandung.

“Dalam seminar ini,  IKA Unpad mengundang berbagai pelaku bisnis dan pakar bisnis nasional maupun internasional yang akan membahas isu terkait sektor digital keuangan dan perbankan,” kata Ketua Panitia, Ari Wibowo melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (20/3). 

Ia menambahkan, seminar dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama terdapat tujuh pembicara dan pada sesi kedua terdapat lima pembicara yang akan menyampaikan materi yang berkaitan dengan tema. Sebagai pembicara kunci akan hadir Menteri Ketenagakerjaan RI, Muhammad Hanif Dhakiri.

Pada sesi pertama terdapat beberapa pelaku bisnis nasional dan akademisi nasional maupun internasional. Merekaa antara lain, Dadang Setiabudi (direktur Teknologi Informasi dan Operasi Bank BNI),  Irfan A Tachrir (direktur HCM Telkomsel), Prof Madya Dr Md Daud Ismail(ahli bisnis internasional dari Universitas Kebangsaan Malaysia),  Edie Rizliyanto (direktur utama Jasindo),  Rico Frans (direktur Teknologi Informasi dan Operasi Bank Mandiri), Dwi Soetjipto (kepala SKK Migas),  dan Yudi Azis (dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad).

Sesi kedua akan terdapat beberapa pembicara pelaku bisnis nasional dan seorang public figure. Mereka adalah  Irwan Hidayat (CEO Sido Muncul),  Dr  B R A Mooryati Soedibyo (executive producer, Mooryati Soedibyo Cinema), Anthony Djapari (presiden direktur  Capital Lite Indonesia), Roy Darmawan (dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia), dan  Putri Pariwiata 2019, Jessica Fitriana Martasari. 

Dwi Indra Purnomo yang menjabat sebagai wakil dekan FTIP Unpad akan bertugas sebagai moderator dalam dua sesi seminar ini. Diakhir acara aka nada pembagian doorprize dan penyerahan sertifikat bagi peserta.

Ari mengemukakan, seminar International Business Summit merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang diselenggarakan oleh pengurus IKA Unpad. “Pada tahun ini pengurus IKA Unpad menyajikan tema “Cerdas Berbisnis Dalam Mempercepat Penguatan Ekonomi Indonesisa Sinergi Sektor Digital Keuangan dan Perbankan Nasional”.  Tema tersebut kami angkat karena isu berbisnis dalam sektor digital dan perbankan nasional merupakan isu yang sedang hangat dan menjadi bahan pembicaraan  oleh pemerintah maupun masyarakat Indonesia,” paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement