Kamis 14 Mar 2019 20:41 WIB

Investasi Reksa Dana Syariah Tunjukkan Tren Prositif

Jumlah investor produk syariah meningkat menjadi 28 persen per Februari 2019

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Reksa dana/ilustrasi
Foto: modernsaver.com
Reksa dana/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Investasi reksa dana syariah menunjukkan perkembangan tren yang positif. Head of Sales Marketing Bareksa.com, Rani Sumarni Laisila, mengatakan penetrasi reksa dana syariah melaju naik seiring tumbuhnya gaya hidup halal.

"Pertumbuhannya tinggi karena kita lihat Muslim milenial Indonesia pun pertumbuhannya tinggi. Kesadaran untuk menjalankan halal lifestyle juga sesuatu yang menarik dari sisi pertumbuhan," ujar Rani saat ditemui di Jakarta, Kamis (14/3).

Baca Juga

Rina mengakui, secara keseluruhan penetrasi terhadap produk keuangan syariah masih sangat keci, sekitar empat sampai 10 persen. Namun, dia optimistis angka tersebut akan meningkat mengingat mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Islam.

Di Bareksa.com sendiri, tren yang positif itu terlihat dari pertumbuhan investor yang menggunakan produk syariahnya. Pada pertengahan 2018 hingga Februari 2019, terjadi peningkatan dari dua persen menjadi 28 persen.

Menurut Rina, faktor pendukung dari peningkatan ini yaitu masifnya pertumbuhan komunitas-komunitas  milenial Muslim. Sehingga untuk berinvestasi, mereka pun lebih cenderung memilih dengan cara syariah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement