Selasa 12 Mar 2019 22:46 WIB

Pelindo I Selenggarakan Program Magang Bersertifikat

Program Magang Bersertifikat merupakan inisiatif Kementerian BUMN.

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
PT Pelabuhan Indonesia I. (Ilustrasi)
Foto: dok. Pelindo 1
PT Pelabuhan Indonesia I. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 mengadakan induksi Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) dengan mengusung tema Learn and Work Together. Sejak 2018 hingga 2019 ini Pelindo 1 mengagendakan bekerja sama dengan empat belas universitas dari dalam dan luar Sumatera Utara.

Baca Juga

Direktur SDM Pelindo 1 M Hamied Wijaya sebanyak 56 mahasiswa dari berbagai macam program studi memiliki kesempatan untuk merasakan pengalaman bekerja di Pelindo 1 selama enam bulan. PMMB merupakan gagasan Kementerian BUMN yang merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mempersiapkan individu yang mampu bersaing dan berkompetisi menghadapi persaingan di era globalisasi.

“Program Induksi ini bertujuan untuk mempersiapkan mental mahasiswa untuk memasuki dunia kerja, mengenalkan kegiatan bisnis Pelindo 1, memberikan pemahaman etika di perusahaan dan mengajarkan tata nilai dan budaya perusahaan. Bukan hanya ini saja, untuk meningkatkan teamwork mahasiswa magang, Pelindo 1 juga mengadakan kegiatan outbond,” ujarnya dalam keterangan tulis yang diterima Republika, Selasa (12/3).

Dia menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk melatih kerja sama tim, kemampuan analisa dan pola pikir, menumbuhkan arti penting kebersamaan, membangun rasa percaya diri dan menganalisa kemampuan dan potensi individu. Program Magang Mahasiswa Bertifikat (PMMB) dilakukan dengan tujuan memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa di Indonesia untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman bekerja secara langsung di BUMN.

“Semoga program ini nantinya mampu mendorong semangat mahasiswa magang untuk memberikan kontribusi terbaik dan bekerja dengan sepenuh hati dalam menunjukkan bakat dan potensi mereka selama masa magang berlangsung. Harapannya di tahun depan, Pelindo 1 bisa menerima lebih banyak mahasiswa magang bersertifikat lagi untuk mencetak SDM yang profesional,” ucapnya.

Dia menambahkan bahwa Pelindo 1 membuka peluang untuk melakukan kerja sama dalam bidang lain dengan berbagai universitas yang bertujuan untuk pengembangan SDM selain pelaksanaan PMMB. Pelindo 1 menurutnya, selalu ingin turut berkontribusi dalam mencetak SDM yang handal sebagai salah satu wujud nyata dalam mewujudkan tujuan BUMN yang Hadir Untuk Negeri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement