Ahad 10 Mar 2019 13:47 WIB

AS Berhasil Pukul Ekonomi Cina

Pertumbuhan ekonomi Cina merosot pada kuartal III 2018 ke level terendah sejak 2009

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nidia Zuraya
Pertumbuhan ekonomi Cina melambat.
Foto: Reuters
Pertumbuhan ekonomi Cina melambat.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Perang perdagangan yang sedang berlangsung antara Amerika Serikat (AS) dan Cina semakin memanas. Sejak Presiden Donald Trump mengumumkan kebijakan tarif perdagangan 2018 lalu, pemerintah AS benar-benar hanya mengejar satu strategi sentral, yakni melemahkan ekonomi Cina, dan memaksa negara itu mengubah praktik perdagangannya.

Dalam beberapa hal, strateginya berhasil. Ekonomi Cina telah menunjukkan tanda-tanda melambat sebelum tarif pertama melanda, dan pertarungan dengan AS telah mempercepat tren itu, seperti dilansir di laman Time.

Baca Juga

Pertumbuhan ekonomi Cina merosot pada kuartal ketiga 2018 ke level terendah sejak 2009. Para analis mengatakan bahwa situasi dapat memburuk jika ketegangan perdagangan tidak berakhir.

"Cina tidak dalam keadaan baik sekarang," kata Trump pada awal Januari 2019.

"Itu menempatkan kita (AS) pada posisi yang sangat kuat," ujar Trump.

Namun pelambatan ekonomi Cina juga telah memukul beberapa industri paling penting di AS. Salah satu perusahaan AS yang terpukul adalah Apple Inc.

Raksasa teknologi itu, yang untuk beberapa waktu tahun lalu menempati peringkat sebagai perusahaan paling bernilai di dunia, memangkas proyeksi pendapatannya pada awal Januari tahun ini. Pihak Apple  mengatakan bahwa ketegangan perdagangan telah mencapai batasnya.

Produk iPhone, yang menyumbang 60 persen dari penjualan Apple, adalah inti dari masalah ini. Di Cina, produk ini secara signifikan lebih mahal daripada pesaing buatan sendiri seperti Huawei.

"Kami mengantisipasi beberapa tantangan. Kami tidak melihat dampak besarnya."tulis CEO Apple Tim Cook dalam surat kepada investor.

Saham Apple turun hampir 10 persen setelah berita itu. Para analis berspekulasi tentang apakah perusahaan dapat mengandalkan Cina, pasar terbesar ketiga, untuk menjaga prospek jangka panjang yang cerah.

"Jika pasar di Cina runtuh, itu akan memukul pasar global," kata Ryan Reith, wakil presiden di International Data Corp, perusahaan intelijen pasar, yang mengawasi Apple.

Situasi yang dihadapi Apple menggarisbawahi kenyataan sederhana. Di dunia yang saling terhubung, sejumlah perusahaan Amerika, mulai dari perusahaan teknologi besar hingga produsen minyak dan semuanya di antaranya, semakin mencari pasar ke Cina untuk memperluas batas bawah mereka.

Karenanya, semakin ekonomi Cina terpukul, semakin banyak perusahaan Amerika akan menderita akibat konsekuensinya. Dan itu telah terjadi, rata-rata saham industri pada Dow Jones turun hampir 3 persen sehari setelah berita Apple.

Namun tidak semua orang tampaknya peduli dengan situasi ini. Trump menepis kekhawatiran tentang dampak kebijakan perdagangan terhadap Apple, dengan mengatakan bahwa perusahaan akan baik-baik saja dan bahwa ia perlu khawatir tentang negaranya sendiri.

Sementara pendekatan agresif Trump terhadap Cina mungkin canggung, para pengamat mengatakan itu membawa kekuatan pada negosiasi. Pembicaraan antara negosiator tingkat menengah dari kedua negara ditutup pada 9 Januari dengan tanda-tanda optimisme. Termasuk tweet perayaan Trump sebelum putaran negosiasi berakhir.

Memang, Cina telah menerapkan serangkaian konsesi, mulai dari menghapus pembatasan utama pada perusahaan mobil AS hingga menyetujui jenis baru tanaman rekayasa genetika dari AS untuk impor.

Beijing juga telah menawarkan komitmen untuk membeli lebih banyak barang dari AS, langkah yang akan mengurangi defisit perdagangan AS, salah satu poin pembicaraan utama Trump. Namun, janji-janji itu adalah bagian kecil dari teka-teki perdagangan antara kedua negara.

Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer, seorang garis keras Cina, dipilih untuk memimpin negosiasi, menandakan batas tinggi untuk setiap kesepakatan potensial. Dan karena banyak keluhan pemerintah memotong inti dari strategi pertumbuhan jangka panjang Cina, memukul batas itu mungkin sulit.

Tidak peduli berapa banyak konsesi yang ditawarkan Cina, para pemimpinnya tidak mungkin mengubah arah rencana industri yang disusun dengan cermat untuk mengembangkan ekonomi negara.

Presiden Cina Xi Jinping mengatakan hal itu dalam pidatonya pada 18 Desember 2018 lalu. "Tidak ada yang dapat mendikte rakyat Cina apa yang harus atau tidak boleh dilakukan," ucap Jinping kala itu.

Kedua negara telah menetapkan Maret 2019 sebagai batas waktu untuk mencapai kesepakatan baru. Tanpa satu, tarif yang lebih tinggi pada 200 miliar dolar AS dalam barang-barang Cina, tarif yang awalnya direncanakan untuk diterapkan Trump pada bulan Januari, akan berlaku.

Memenuhi atau mengalahkan tenggat waktu itu akan meredakan ketegangan yang telah berkontribusi pada meningkatnya kegelisahan di seluruh dunia, sedangkan negosiasi yang gagal dapat menyebabkan reaksi di antara para pemimpin bisnis dan membuat pasar jatuh.

“Presiden (Trump) menjadikan dirinya bisnis dan untuk bisnis,” kata Ron Kirk, yang menjabat sebagai Perwakilan Dagang AS di bawah Presiden Obama. "Ini akan menjadi waktu yang tepat untuk duduk bersama para pengusaha pabrik itu, para pemimpin bisnis itu."

Jika kesepakatan tidak tercapai dan Trump menolak untuk mengubah arah, bisnis mungkin harus memikirkan kembali strategi jangka panjang. "Kami tidak dapat mengubah kondisi ekonomi makro," kata CEO Apple kepada investor.

Namun Trump bisa melakukan itu. Apakah dia ingin melakukannya, masih harus ditunggu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement