Rabu 27 Feb 2019 21:47 WIB

Kemendag Dorong UMKM Manfaatkan Teknologi

UMKM harus diperkuat terutama dalam hal memanfaatkan perkembangan teknologi.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani
ecommerce
ecommerce

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Kementerian Perdagangan melihat tingginya potensi untuk meningkatkan perekonomian melalui UMKM. Untuk itu Kemendag menilai UMKM perlu diperkuat terutama dalam hal memanfaatkan perkembangan teknologi.

''Negara harus memfasilitasi agar UMKM kemudian berkembang dan dapat bersaing dengan pelaku usaha di tingkat global dan di era digital saat ini,'' kata  Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga, Suhanto di Auditorium Kampus Universitas Negeri Padang, Rabu (27/2).

Suhanti menyebutkan dalam upaya peningkatan kualitas UMKM berbasis teknologi pelaku usaha UMKM perlu dibekali dengan pengetahuan dan pemahaman mengenai tata cara berbisnis di era digital dan tidak gagap teknologi. Dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, potensi ekonomi digital Indonesia menjadi daya tarik  bagi para technopreneur kelas dunia.

Suhanto mencontohkan  bukti dengan masuknya perusahaan e commerce ternama dunia Alibaba ke Indonesia, melalui akuisisi Lazada. Hal ini kata dia harus menjadi peringatan bahwa pelaku usaha dari luar negara sudah melihat besarnya potensi ekonomi digital di Indonesia.

Suhanto menambakan berdasarkan laporan Tech Crunh, Asia Tenggara siap untuk menjadi pasar e-commerce terbesar ke tiga dunia dengan pertumbuhan dua digit per tahun.  Sementara itu, e-marketer memprediksi penjualan melalui e-commerce di Asia Pasifik diperkirakan akan menembus 2,72 triliun dolar AS pada tahun 2020, naik dari pencapaian 2018 sebesar 1 triliun dolar. Kenaikan penjualan itu karena pangsa pasar di Asia Pasifik sangat besar.

Kemudian bisnis ritel e-commerce menawarkan fleksibilitas yang lebih mudah dibandingkan perusahaan konvensional.  Jadinya lahan bisnis e-commerce sangat diminati oleh generasi millennial yang ingin mulai menjajaki bisnis daring khususnya UMKM pemula. 

''Melihat potensi UMKM yang besar bagi pertumbuhan ekonomi  serta melihat perkembangan ekonomi digital saat ini, Kementerian Perdagangan berusaha melakukan pendampingan melalui kegiatan sosialisasi ini sebagai upaya meningkatkan daya saing UMKM dalam menjawab tantangan era ekonomi digital,'' ujar Suhanto.

Kemendag melakuan sosialisasi dengan tema 'Membangkitkan semangat kewirausahaan generasi milenial melalui pemanfaatan e-commerce di era digital 4.0' di kampus UNP. Dalam sosialisasi ini Kemendag menghadirkan Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Kemendag I Gusti Ketut Astawa, perwakilan dari Search Engine Optimizations (SEO) Dinar Sudianto dan AVP of Public Policy and Goverment Relation PT Bukalapak.Com Bima Lagadari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement