Rabu 30 Jan 2019 12:07 WIB

Jasa Marga akan Bangun Tol Probolinggo-Banyuwangi

Dana pinjaman senilai Rp 2,52 triliun untuk Tol Probolinggo-Banyuwangi.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nur Aini
Jalan tol (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Jalan tol (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak perusahaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk yakni PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (PJB) mendapatkan dana pinjaman senilai Rp 2,52 triliun. Direktur Utama JPB D Hari Pratama mengatakan dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan Tol Probolinggo-Banyuwangi.

Dia menjelaskan dana tersebut akan digunakan terlebih dahulu untuk pembebasan lahan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi. "Lahan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi sepanjang 172 kilometer dan akan menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia," kata Hari, Rabu (30/1).

Hari mengatakan dana untuk melakukan pembebasan lahan tol tersebut diperoleh dari empat bank yaitu Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Central Asia (BCA), dan Bank Mandiri. Masing-masing bank tersebut memberikan kredit sindikasi sebesar Rp 630 miliar.

Dia menambahkan PT JPB memiliki tanggung jawab untuk menyiapkan dana talangan tanah dalam perjanjian pengusahaan jalan tol. Sebagai langkah awal pembebasan lahan, kata dia, juga sudah mengajukan pinjaman sebesar Rp 2,52 triliun yang juga sudah disetujui oleh pihak sindikasi.

“Dana talangan tanah ini akan dipakai untuk pembayaran ganti rugi tanah Seksi Probolinggo dan sebagian Situbondo," tutur Hari.

Menurutnya, kredit sindikasi dana talangan tanah tersebut merupakan kredit tahap awal dari total Rp 4,7 triliun. Nantinya, Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi yang akan menjadi kesatuan dalam Tol Trans Jawa untuk menciptakan konektivitas Indonesia yang lebih baik.

Jalan Tol Probowangi akan terbagi menjadi tiga seksi, yaitu Seksi I di Wilayah Probolinggo (31,2 kilometer), Seksi II di Wilayah Situbondo (109 kilometer), dan Seksi III di Wilayah Banyuwangi (31,8 kilometer). Ruas Tol Probolinggo-Banyuwangi akan menjadi titik akhir jaringan jalan tol Trans Jawa dengan masa konsesi untuk pembangunan Tol Probowangi yaitu 35 tahun dan dana investasi mencapai Rp 23,3 triliun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement