Sabtu 15 Dec 2018 01:19 WIB

Warfa Dogiai Papua Terima Lampu LTSHE

Masyarakat sangat berterima kasih kepada Kementerian ESDM

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Muhammad Hafil
Kementerian ESDM
Kementerian ESDM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat Dogiai, Papua menyambut sukacita pemasangan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) pada tahun 2018. Sebanyak 4.680 unit LTSHE dibagikan untuk masyarakat Dogiyai yang tersebar di 4 Distrik, yaitu Distrik Sukikai Selatan, Mapia Barat, Mapia dan Kamu.

"Masyarakat sangat berterima kasih kepada Kementerian ESDM karena masyarakat Distrik Kamu sebelum adanya LTSHE masih menggunakan lilin dan tungku api untuk penerangan. Dengan adanya LTSHE, kini distrik kami menjadi terang untuk memasak di dapur tidak gelap-gelapan, anak-anak bisa maksimal dalam belajar dan bisa membaca kitab suci di malam hari," ungkap Vincent Iyai, warga Distrik Kamu, Jumat (14/12).

Pemasangan LTSHE di Kabupaten Dogiyai merupakan usulan dari Pemerintah Daerah Papua dan telah terpasang 100 persen di semua rumah. Selain Dogiyai, Pemerintah juga membagikan LTSHE kepada 9 Kabupaten lainnya di Papua, yaitu Yakuhimo, Puncak Jaya, Intan Jaya, Mappi, Boven Digoel, Mimika, Paniai, Nduga dan Puncak. Total alokasi pemasangan LTSHE untuk Provinsi Papua sebanyak 152.754 unit dengan anggaran Rp502 miliar.

"Tahun ini target pemasangan LTSHE di kabupaten Dogiyai sudah terpenuhi, harapan kami tahun ke depan dapat melanjutkan pemasangan di dusun-dusun lain yang masih gelap melalui program Nawacita Presiden RI.

LTSHE ini bergaransi selama tiga tahun dan masyarakat hanya perlu menjaga. Anda cukup jaga, jika ada yang rusak bisa diperbaiki dan bisa menghubungi pihak terkait melalui distrik," tutur Sekretaris Ditjen EBTKE, Wawan Supriatna saat bertemu masyarakat Dogiyai pada Jumat (14/12).

 

Pada waktu yang sama, Direktur Konservasi Energi, Haryanto mewakili Menteri ESDM menyerahkan secara simbolis LTSHE kepada perwakilan masyarakat Boven Digoel. Pemasangan LTHSE di Kabupaten Boven Digoel pada tahun 2018 dialokasikan sebanyak 601 unit yang tersebar di 7 Distrik, yaitu Distrik Kia, Sesnuk, Firiwage, Manggelum, Kawagit, Kombay dan Ambatikwi.

"Semua lampu sudah terpasang. Tolong dipelihara dan dijaga dan semoga dapat mendukung kegiatan ekonomi masyarakat Boven Digoel," ujar Haryanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement