Rabu 28 Nov 2018 23:58 WIB

Menkop Ajak UKM Promosi Gratis di Smesco Indonesia

Puspayoga mengapresiasi inisiatif bupati se-Madura yang ajak UMKM promosi di Smesco

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga dan Direktur Utama LLP-KUKM Emilia Suhaimi jelang Rembug Kopi Nusantara
Foto: Kementerian Koperasi dan UKM
Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga dan Direktur Utama LLP-KUKM Emilia Suhaimi jelang Rembug Kopi Nusantara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga mengajak pelaku UKM seluruh Indonesia untuk memanfaatkan Gedung Smesco Indonesia sebagai tempat promosi gratis. Menurutnya Smesco Indonesia kini hadir dengan wajah baru yang menyajikan produk-produk unggulan dari berbagai provinsi. 

Pernyataan itu dikemukakan Puspayoga saat menyampaikan sambutan pembukaan acara Ragam Kriyanusa Jawa Timur dalam Etnik Kontemporer di Era Revolusi Industri 4.0, Madura Menjemput Asa Menembus Batas, di gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Rabu (28/11).

“Ketika kita masuk ke sini maka akan langsung melihat seluruh produk UMKM se Indonesia dari Sabang sampai Merauke, karena di lantai satu dan dua, ada produk UMKM seluruh Indonesia dengan harga langsung dari pengrajin, pembeli hanya dikenai tambahan PPn saja. Lantai satu sampai tiga, juga difungsikan sebagai sarana sosial dimana UMKM maupun koperasi bisa menggelar acara disini tanpa dipungut biaya,” kata Puspayoga.

Dalam kesempatan itu, Puspayoga menyampaikan apresiasi kepada Bupati se-Madura dan Kediri, Jawa Timur yang telah membawa para UMKM-nya untuk menggelar acara “Madura Menjemput Asa Menembus Batas” di Smesco Indonesia.

“Saya memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih atas dukungan yang luar biasa dari para Bupati se-Madura didukung Bupati Kediri, dalam membina dan mensuport UMKM-nya agar bisa menambah daya saing, sekaligus membuka akses pasar dengan mengggelar acara ini,” ujar Menkop.

Menteri Puspayoga mengharapkan setelah inisiatif dari Bupati se Madura dan Kab Kediri ini, Smesco Indonesia akan semakin sering dipakai sebagai ajang promosi bagi UMKM seluruh Indonesia. 

LLP-KUKM  bergerak di bidang layanan pemasaran KUKM dengan merevitalisasi paviliun propinsi menjadi tempat display permanen, pusat promosi & pemasaran produk unggulan KUKM daerah yang  berciri identitas daerah, Local Heritages dan Keunikan dari 34 provinsi di Indonesia.

“Festival daerah merupakan bagian dari usaha revitalisasi paviliun provinsi yang merupakan ajang ekspose semua potensi unggulan daerah mulai dari produk, pariwisata, budaya dan kuliner khas daerah,” katanya.

Event Madura ini merupakan kerjasama antara smesco Indonesia dengan Pemda Jawa Timur khususnya Pemda 4 Kabupaten se Madura dan Kediri. Diyakini melalui ajang penting ini, produk-produk unggulan dan budaya Jawa Timur khususnya dari Madura akan semakin dikenal.

Dalam event ini juga dilaksanakan serangkaian acara berupa pameran aneka produk unggulan dan dimeriahkan oleh fashion show Seset Art, Tarian Songsong Senom, drama tari Panji Asmarantaka, dan berbagai demo seperti membatik, lukis kain, lukis tas, ukiran/warangka keris, lukis bakar, serta kuliner khas Madura. 

Selain itu juga diadakan pemberian penghargaan kepada lima Bupati yaitu Bupati Bangkalan, Bupati Sampang, Bupati Pemekasan, Bupati Sumenep dan Bupati Kediri atas prestasinya dalam membina dan mengembangkan KUKM di daerahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement