Kamis 22 Nov 2018 16:30 WIB

BRI Berikan Beasiswa ke 20 Mahasiswa UMP

Beasiswa diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3 reguler berprestasi atau tak mampu.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Gita Amanda
Beasiswa (ilustrasi)
Beasiswa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Fasilitas beasiswa yang bisa diperoleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), semakin banyak. Hal ini menyusul rencana Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk memberikan beasiswa bagi mahasiswa di perguruan tinggi tersebut.

''Tahun ini, akan ada 20 mahasiswa UMP yang bisa menerima beasiswa  dari BRI,'' jelas pimpinan Cabang BRI Purwokerto Sadmiadi, Kamis (22/11).

Ia menyebutkan, penyaluran beasiswa dari BRI dimaksudkan sebagai bentuk peran serta BRI meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia. Pemberian beasiswa Indonesia Cerdas BRI ini dilaksanakan di 19 Kantor Wilayah (Kanwil) BRI di seluruh Indonesia.

Di wilayah Purwokerto, katanya, BRI memilih UMP sebagai penyaluran program beasiswanya. Sebab UMP merupakan kampus yang dinilai cukup terkemuka di Jawa Tengah (Jateng) dan telah banyak melakukan kerja sama dengan BRI.

Menurutnya, mahasiswa yang berhak menerima beasiswa dari BRI, antara lain berasal dari kalangan mahasiswa reguler atau non-extension program S1 dan D3 yang berprestasi atau dari keluarga kurang mampu. Bagi mahasiswa berprestasi dibuktikan dengan bukti prestasi seperti piagam, sertifikat, copy IPK yang dilegalisir, atau surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang menerangkan prestasi yang bersangkutan.

''Untuk mahasiswa dengan kategori kurang mampu, bisa dibuktikan dengan melampirkan keterangan keluarga tidak mampu yang dikeluarkan oleh kelurahan atau kantor desa. Minimal, IPK kumulatifnya 3,00,'' katanya.

Dijelaskan, mahasiswa yang mengajukan permohonan minimal sedang menempuh semester 3 dan maksimal semester 7 untuk S1, atau maksimal semester 5 untuk D3. Selain itu, juga tidak dalam status ikatan dinas yang dibuktikan dengan surat pernyataan tidak dalam status ikatan dinas, serta tidak sedang memperoleh beasiswa sejenis dari pihak lain.

Sedangkan nilai beasiswa yang diberikan, sebesar Rp 5 juta per mahasiswa per tahun. "Ini akan diberikan sekaligus maksimal pada akhir tahun,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement