Jumat 12 Oct 2018 11:59 WIB

Telkomsel-Angkasa Pura II Kerja Sama Digitalisasi Bandara

Layanan yang akan segera digitalkan di bandara adalah e-payment system dan e-parking

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Nidia Zuraya
Penumpang memadati terminal 1B keberangkatan Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. ilustrasi (Republika/Wihdan Hidayat)
Penumpang memadati terminal 1B keberangkatan Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. ilustrasi (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Dua perusahaan plat merah, Telkomsel dan PT Angkasa Pura II menandatangani perjanjian kerja sama digitalisasi bandar udara. Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan penandatanganan kerja sama ini dilakukan di sela kesibukan Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia (World Bank) 2018 di Bali.

"Layanan yang segera kita digitalkan, antara lain e-payment system dengan TCASH dan e-parking di bandara-bandara di bawah Angkasa Pura II," kata Ririek, Jumat (12/10).

Sinergi antarperusahaan BUMN ini bertujuan memberikan layanan produk telekomunikasi dan layanan pembayaran berbasis digital, meliputi layanan paket data dan e-payment system dan solusi layanan Telkomsel my Business Solution. Tujuannya mendorong pengelolaan bandara terintegrasi di lingkungan Angkasa Pura II.

"Kerja sama ini sejalan dengan misi kami yang ingin membangun ekosistem digital Indonesia dengan platform device, network, dan application (DNA)," ujar Ririek.

Telkomsel dan Angkasa Pura II dalam waktu dekat akan mencoba penerapan e-parking untuk sepeda motor. Program smart airport lainnya akan diinisiasi untuk membantu bisnis proses di lingkungan bandara.

Tahapan pertama kerja sama ini, kata Ririek dimulai dengan penjualan paket data Telkomsel. Sepekan ke depan Telkomsel akan membangun booth khusus di kawasan transit terpadu atau transit oriented development (TOD) di pintu M1 Bandara Soekarno Hatta. Produk-produk khusus Telkomsel akan dijual di sini untuk meringankan beban pekerja bandara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement