Senin 08 Oct 2018 06:10 WIB

Waspada! 7 Tanda Kalau Anda Segera Dipecat dari Perusahaan

Meminta untuk diberhentikan ternyata lebih terhormat daripada harus diberhentikan.

phk (ilustrasi)
Foto:

5. Jumlah Teguran Berkurang

Atasan tidak enggan memberikan teguran apabila produktivitas karyawan di kantor mulai menurun. Apabila Anda melakukan kesalahan, namun sama sekali tidak ditegur, ini berarti atasan benar-benar tidak mau berurusan dengan Anda lagi.

Bos mungkin sudah muak pada tingkah laku Anda di perusahaan dan ingin segera melakukan pemecatan, tetapi mungkin masih menunggu waktu yang tepat untuk melakukannya. Jika mendapati tanda seperti ini, cepat atau lambat maka Anda akan mendapat surat pemecatan. Persiapkan hati dan batin Anda untuk melihat setiap kalimat yang tertulis jelas pada surat tersebut.

6. Tidak Ada Promosi Jabatan

Bagaimana mungkin perusahaan mau mempromosikan Anda bila produktivitas kerja Anda saja menurun? Jangan pernah bermimpi, yang ada malah sebaliknya karena Anda akan dipecat dari perusahaan.

Berada diposisi yang sama selama bertahun-tahun sebenarnya patut dipertanyakan. Apakah promosi tidak diberikan karena hasil kerja Anda tidak maksimal, adanya pemberlakuan sistem pilih kasih atau mungkin Anda akan segera dipecat? Tetaplah waspada.

7. Perusahaan Membuka Lowongan Kerja

Tanda-tanda pemecatan akan semakin jelas terlihat apabila perusahaan membuka lowongan kerja untuk mendatangkan karyawan-karyawan baru yang berpotensi. Apalagi jika posisi yang dicari adalah posisi yang sedang Anda duduki saat ini. Tamatlah sudah.

Jika ini terjadi, perusahaan benar-benar ingin memecat Anda. Dalam waktu kurang dalam satu bulan, perusahaan terpaksa harus menempatkan karyawan baru untuk menggantikan posisi Anda.

Pahami Tanda-tandanya, Segera Perbaiki Diri

Jika sebagian besar tanda-tanda di atas menimpa Anda, berhati-hatilah. Mungkin dalam waktu cepat atau lambat, perusahaan akan segera memberhentikan Anda.

Daripada dipecat, lebih baik segera perbaiki diri. Dan kalaupun Anda merasa benar-benar sudah tidak nyaman, persiapkan diri segera untuk mengundurkan diri (resign). Walaupun keputusan ini sangat berat, tetapi meminta untuk diberhentikan ternyata lebih terhormat daripada harus diberhentikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement