Selasa 11 Sep 2018 16:00 WIB

Fintech Tamasia Raih Sertifikasi ISO

Sertifikasi dilakukan sebagai bentuk kepatuhan terhadap OJK.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Satria K Yudha
 Co-Founder dan CEO Tamasia Muhammad Assad menjelaskan aplikasi digital jual beli emas secara syariah, Rabu (11/10).
Foto: Republika/Yasin Habibi
Co-Founder dan CEO Tamasia Muhammad Assad menjelaskan aplikasi digital jual beli emas secara syariah, Rabu (11/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Perusahaan fintech jual-beli emas, PT Tamasia Global Sharia (Tamasia), meraih sertifikat ISO 27001:2013 dan ISO 9001:2015 dari British Assessment Bureau. Sertifikat tersebut diberikan dalam  bidang teknologi keuangan, inovasi digital, dan niaga elektronik emas.  

CEO dan Co-Founder Tamasia Muhammad Assad mengatakan, Tamasia menjadi perusahaan tekfin syariah jual-beli emas pertama di Indonesia yang tersertifikasi ISO 27001 dan 9001. Menurutnya, ini merupakan standar tertinggi dalam sistem manajemen perusahaan serta sistem manajemen keamanan informasi internasional. 

ISO sejak dulu dikenal sebagai sertifikasi berstandar internasional yang bergengsi karena penilaian yang dilakukan sangat detail dan akurat, yang melingkupi analisis model bisnis, risiko, serta operasional yang dijalankan oleh perusahaan.  

Assad mengatakan, dengan diraihnya ISO 27001 dan 9001 ini, akan memberikan pelayanan lebih baik kepada para pelanggan, meningkatkan standar sistem manajemen keamanan, serta lebih efektif dan efisien dalam menjalankan operasional perusahaan. 

“Sertifikasi ISO ini juga sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan bagi stakeholders kami, dan juga menjadi bukti komitmen kami untuk meningkatkan keamanan serta kerahasiaan data dan privasi para pelanggan Tamasia," kata Assad dalam keterangan tertulis, Selasa (11/9).

Langkah ini juga dilakukan oleh Tamasia sebagai bentuk kepatuhan pada ketentuan regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk para pelaku fintech dan memenuhi peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2016 tentang sistem manajemen pengamanan informasi.

Tamasia yang bermitra dengan PT Antam Tbk, adalah platform aplikasi digital yang memberikan kemudahan para pelanggannya yang ingin memiliki emas fisik cetakan Antam bersertifikat internasional. 

Sampai saat ini, kata Assad, Tamasia telah memiliki puluhan ribu pelanggan di seluruh Indonesia, dengan pangsa pasar terbesar dari kaum milenial. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement