Kamis 06 Sep 2018 19:32 WIB

Garuda Indonesia Sasar Pasar Amerika Serikat

Ada dua kota di Amerika Serikat yang menjadi tujuan penerbangan Garuda Indonesia

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Nidia Zuraya
Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N. Mansury dan Executive Vice President of Japan Airlines (JAL), Tadashi Fujita penandatanganan Comprehensive Partnership Agreement dengan JAL di Garuda City Center, Tangerang, Kamis (6/9).
Foto: Republika/Melisa Riska Putri
Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N. Mansury dan Executive Vice President of Japan Airlines (JAL), Tadashi Fujita penandatanganan Comprehensive Partnership Agreement dengan JAL di Garuda City Center, Tangerang, Kamis (6/9).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Garuda Indonesia menyasar pasar Amerika Serikat (AS) dengan menggandeng Japan Airlines dalam bentuk code share. Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury mengatakan, ada dua kota di AS yang nanti menjadi tujuan penerbangan Indonesia yakni Los Angeles dan juga JFK Airport di New York.

"Setiap tahunnya kurang lebih sampai dengan sekitar 150 ribuan market-nya," kata dia saat ditemui usai penandatanganan kerja sama dengan Japan Airlines di Garuda City Center, Kamis (6/9).

Kedua kota tersebut adalah kota utama yang mewakili wilayah barat dan timur. Itu artinya, akan menambah porsi bagi para penumpang Garuda Indonesia yang akan terbang dari Indonesia menuju Amerika Serikat.

Dengan adanya pilihan jam terbang juga mempermudah konsumen menentukan keberangkatannya sesuai dengan kebutuhan setiap penumpang. Ia menambahkan, ada marketshare sebesar 37 persen yang dioperasikan airlines lain saat ini.

Ia pun berharap bisa mengambil sebagian marketshare dari 37 persen tersebut. Kerja sama dengan JAL tidak perlu diragukan, mengingat kedua maskapai adalah penerbangan bintang lima.

"Tentunya dari sisi compatibility level of service bisa diyakini bahwa kedua airline ini memiliki pelayanan baik," ujarnya. Kualitas layanan diakui Pahala adalah hal utama yang ingin didapatkan penumpang.

Kerja sama dengan JAL diakuinya tidak berhenti di codeshare. Kesepakatan codesharing ini merupakan awal bagi Garuda agar ke depannya makin banyak menjalankan kerja sama strategis dengan maskapai asal Negeri Matahari Terbit itu.

"Termasuk yang saya sampaikan tadi kerjasama di bidang frequent flyer misalnya atau pun kerja sama yang lain," katanya.

Executive Vice President of Japan Airlines (JAL) Tadashi Fujita menambahkan, pengunjung Asia ke Amerika melalui Jepang sangat pesat. Tingginya pengunjung ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh kedua maskapai.

Garuda Indonesia akan menjadi marketing carrier dan akan menempatkan nomor penerbangannya (flight number) pada penerbangan Japan Airlines di rute Narita-Jakarta , Narita-New York dan Narita-Los Angeles untuk rute internasional. Codeshare ini juga melibatkan penerbangan lokal di tiga kota di Jepang yakni Haneda-New Chitose, Haneda-Nagoya-Chubu dan Haneda-Fukuoka untuk rute intra Jepang.

Japan Airlines akan menjadi marketing carrier atau menempatkan nomor penerbangannya (flight number) pada penerbangan Garuda Indonesia untuk rute Jakarta-Haneda (PP), Denpasar-Narita (PP) dan juga Jakarta-Yogyakarta, serta Jakarta-Surabaya (PP).

"Karena ada share jadi bisa menambah penjualan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement