Senin 03 Sep 2018 20:32 WIB

B Corp Mengajak Pelaku Bisnis Melakukan Perubahan

Gerakan B Corp berupaya bangun jaringan dan kemitraan untuk jaga lingkungan

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Indonesia B Corp Forum dengan mengambil tema Gotong Royong 2018 : Using Business As A Force For Good. Kegiatan yang dilaksanakan di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail Jl. H. R Rasuna Said, Jakarta pada Senin (3/9) dimaksudkan untuk memberikan inspirasi dan berbagi pengalaman kepada pelaku bisnis di Indonesia untuk mengetahui gerakan B Corp.
Foto: MGROL 111
Indonesia B Corp Forum dengan mengambil tema Gotong Royong 2018 : Using Business As A Force For Good. Kegiatan yang dilaksanakan di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail Jl. H. R Rasuna Said, Jakarta pada Senin (3/9) dimaksudkan untuk memberikan inspirasi dan berbagi pengalaman kepada pelaku bisnis di Indonesia untuk mengetahui gerakan B Corp.

REPUBLIKA.CO.ID, .JAKARTA -- B Corp atau yang dikenal dengan B Corporation adalah perusahaan yang menggunakan bisnisnya demi kebaikan dan dengan sertifikat B Corp akan memudahkan konsumen menilai suatu perusahaan memiliki dampak yang baik bagi masyarakat. Bagi perusahaan meraih keuntungan dan berbuat kebaikan biasanya bertolak belakang, namun itulah tantangan bagi B Corp.

Dengan latar belakang hal tersebut, B Corp melaksanakan Indonesia B Corp Forum dengan mengambil tema Gotong Royong 2018 : Using Business As A Force For Good. Kegiatan yang dilaksanakan di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail Jl. H. R Rasuna Said, Jakarta pada Senin (3/9) dimaksudkan untuk memberikan inspirasi dan berbagi pengalaman kepada pelaku bisnis di Indonesia untuk mengetahui gerakan B Corp.

“B Corp mendorong perubahan serta menciptakan koordinasi multi pihak baik di tingkat nasional maupun regional,” ujar Corey Lien, B Corp Asia Community

Maka dari itu gerakan B Corp berupaya untuk membangun jaringan dan kesempatan berkolaborasi, membangun kemitraan serta menyelesaikan segala masalah dari isu perubahan iklim, ketimpangan pendapat, hilangnya keanekaragaman hayati dan lain sebagainya. Karena dengan hal tersebut, B Corp meyakini bisa menciptakan perubahan sistem sosial ekonomi dan lingkungan.

Corey Lien juga menyatakan untuk melakukan perubahan sosial, ekonomi, dan lingkungan di Indonesia dibutuhkan lebih banyak pelaku bisnis yang bergabung di B Corp. Maka dari itu Corey mengajak pelaku bisnis untuk fokus kepada kesejahteraan sosial dari yang semulanya hanya fokus pada keuntungan finansial bagi pemilik saham.

“Kita berbicara mengenai menggunakan bisnis menjadi sebuah alat perubahan,” sambung Corey.

Selain itu Danone Aqua adalah salah satu dari dua perusahaan di Indonesia yang bersertifikasi B Corp. Dengan fakta tersebut, Corey berharap semakin banyak lagi perusahaan yang tergabung ke dalam B Corp untuk mendorong perubahan sosial, ekonomi, dan lingkungan.

“Mari bersama-sama kita melakukan gerakan B Corp ini dan mendukungnya serta bersama-sama kita untuk melakukan perubahan,” tutur Karyanto Wibowo selaku Direktur Pembangunan Berkelanjutan Danone Indonesia.

Untuk mendapatkan sertifikasi B Corp ini, pelaku usaha diharuskan memenuhi lima aspek yang di antaranya adalah tata kelola, karyawan, lingkungan, masyarakat dan konsumen. Sejauh ini sudah lebih dari 2600 perusahaan yang berasal dari 60 negara telah bersertifikasi B Corp.

“Dengan adanya forum ini apakah kami mampu menggerakkan satu negara yang lebih cepat untuk membuat dampak yang lebih besar,” kata Corey di akhir penjelasannya mengenai B Corp.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement