Sabtu 18 Aug 2018 12:57 WIB

Kemeriahan Perayaan HUT ke-73 RI di Perbatasan

Kegiatan ini merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri.

Rep: Friska Yolandha/ Red: Gita Amanda
Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat (kanan) membuka jalan sehat seusai memimpin upacara bendera di Lapangan Aji Kuning, Pulau Sebatik, Kalimantan Utara, Jumat (17/8).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat (kanan) membuka jalan sehat seusai memimpin upacara bendera di Lapangan Aji Kuning, Pulau Sebatik, Kalimantan Utara, Jumat (17/8).

REPUBLIKA.CO.ID, SEBATIK -- HUT Kemerdekaan RI digelar meriah hampir di seluruh penjuru Negeri. Termasuk di wilayah tapal batas Indonesia, yakni Pulau Sebatik, Kalimantan Utara.

Peringatan HUT RI ke-73 di Pulau Sebatik dihadiri oleh jajaran direksi PT Pupuk Indonesia (Persero), jajaran direksi PT Pupuk Kalimantan Timur, dan masyarakat serta pelajar Pulau Sebatik.  Turut hadir pula Dandim dan Tim KSPP I Kementerian BUMN.

Dalam memperingati HUT Kemerdekaan di Sebatik, Pupuk Indonesia mengadakan kegiatan jalan sehat 5K, Pameran UMKM, senam Jantung Sehat, berbagai lomba rakyat yang menghadirkan konser musik dan kuliner gratis. Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Aas Asikin Idat, mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri.

photo
Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat (kanan) melakukan senam sehat seusai memimpin upacara bendera di Lapangan Aji Kuning, Pulau Sebatik, Kalimantan Utara, Jumat (17/8).

Aas berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut karena manfaatnya yang bisa dirasakan masyarakat secara langsung."Sebagai BUMN, peran kami tidak saja hanya mencari keuntungan yang sebesar-besarnya tapi juga untuk membangun negeri dan mensejahterakan masyarakat," katanya saat melepas peserta jalan sehat.

Dalam penugasannya untuk program BUMN Hadir Untuk Negeri, Pupuk Indonesia telah melaksanakan berbagai program yaitu meliputi program mudik gratis yang telah dilaksanakan pada Lebaran lalu, Peringatan HUT Kemerdekaan RI di wilayah terluar, terdepan, tertinggal, dan BUMN Hadir di Kampus yang akan dilaksanakan di Bulan Oktober, serta Konservasi Badak.

Pupuk Indonesia juga mengadakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dengan mengirimkan 23 siswa berprestasi dari DKI Jakarta ke Kalimantan Utara. Ke-23 siswa itu mempelajari budaya dan mengenal keberagaman Nusantara melalui berbagai kunjungan.

Para siswa tampak antusias mengikuti rangkaian acara. Mereka menjelajahi Patok Tiga yang dijaga sejumlah perwira TNI AD dan mengunjungi rumah yang berada di dua negara.

photo
Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Aas Asikin Idat mengikuti Jalan Sehat memeriahkan HUT ke-73 RI, di Pulau Sebatik, Kalimantan Utara.

Salah satu peserta, Azkiatul Barkah, bercerita keseruannya mengunjungi Pulau Sebatik. "Senang sekali karena bisa ke luar negeri bolak-balik tanpa perlu paspor meskipun cuma di situ-situ saja," kata siswa kelas XI SMA Negeri 69, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Ia mengaku banyak mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru saat berkunjung ke sini. Azkiatul juga senang dengan teman-teman barunya yang menjadi peserta SMN.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement