Kamis 05 Jul 2018 12:36 WIB

Freeport Berangkatkan Pemuda dan Pemudi Papua ke AS

Freeport mengeluarkan dana satu juta dolar AS untuk mendukung program CCI.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Teguh Firmansyah
Sepak Terjang PT Freeport Indonesia.
Foto: Mardiah/Republika
Sepak Terjang PT Freeport Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Freeport Indonesia akan memberangkatkan para pemuda dan pemudi asal Papua untuk belajar ke Amerika Serikat melalui program Community College Initiative (CCI) 2018. Kegiatan ini diselenggarakan American Indonesian Exchange Foundation (Aminef).

Freeport mengeluarkan dana satu juta dolar AS untuk mendukung program CCI yang berlangsung pada periode 2016-2020.

Senior Advisor to President Director PT Freeport Indonesia Simon Morin mengatakan, ada sembilan pemuda Papua dan 20 pemuda asal Provinsi lain yang bakal diberangkatkan ke AS pada tahun ini.

Simon menjelaskan, para peserta akan disebar ke 10 community college di berbagai negara bagian selama dua semester (sekitar 10 bulan) untuk belajar dan berinteraksi langsung dengan peserta lain dari berbagai negara.

Menurut Simon, melalui kerja sama dengan Aminef, Freeport dapat melaksanakan komitmennya mengembangkan sumber daya manusia (SDM) Papua. Salah satunya dengan cara mengirimkan para pemuda-pemudi dari Provinsi Papua dan Papua Barat untuk bergabung dengan program CCI.

"Program ini memberikan kesempatan kepada pemuda-pemudi Papua untuk memperluas wawasan serta pengetahuan, dan memberikan pengalaman atas hal-hal baru yang selama ini tak mereka dapatkan di Papua,” kata Simon dalam keterangan tertulis, Kamis (5/7).

Simon lebih jauh juga menjelaskan, dengan mengikuti program CCI, para pemuda-pemudi tersebut menjadi lebih percaya diri dan berpikiran lebih terbuka, lebih kreatif, dan disiplin dalam menjalankan pekerjaannya.

Menurutnya, hal tersebut adalah modal bagi setiap orang untuk menjadi lebih baik dan memberikan manfaat bagi komunitasnya. Dalam pandangan Simon, hasil tersebut sejalan dengan tujuan Freeport untuk memajukan SDM Papua.

Baca juga, Pemerintah Kembali Perpanjang Kontrak Freeport di Papua.

Salah satu penerima beasiswa asal Papua Vicky Junaidi Meruwella mengatakan, pelajaran yang didapatnya diharapkan dapat membantu dirinya untuk memajukan Papua. Vicky yang merupakan  Aparatur Sipil Negara (ASN) di Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Pemerintah Kabupaten Kaimana, akan belajar di  Mesa Community College di Arizona.

"Saya harap dapat memperoleh ilmu yang banyak untuk nantinya bisa membantu mengembangkan SDM Papua. Papua punya banyak sumber daya alam, tapi SDM kami harus banyak diperbaiki. Semoga dengan belajar ke Amerika kami bisa ikut memperbaiki Papua,” katanya.

Direktur Eksekutif Aminef Alan Feinstein mengatakan, pada 2016 Freeport telah menandatangani MoU yang memberikan dukungan untuk program CCI pada periode 2016 hingga 2020 dengan dana senilai 1 juta dolar AS. MoU tersebut merupakan kelanjutan kolaborasi antara Freeport dan Aminef yang telah dimulai sejak 1998 dan berlanjut hingga tahun 2015.

Kolaborasi Freeport dan Aminef fokus pada beasiswa program CCI dan ditujukan kepada para peserta dari Papua dan Papua Barat yang memenuhi kriteria.

“Freeport selama ini telah menjadi salah satu pendukung utama program CCI, sehingga memungkinkan Aminef mengembangkan program CCI dan dapat memberangkatkan hingga 10 orang di setiap periode program dari dua provinsi, yaitu Papua dan Papua Barat. Mereka akan mulai belajar di semester ganjil 2018 pada Juli ini," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement