Sabtu 12 May 2018 09:36 WIB

Facebook akan Buat Mata Uang Digital

Facebook telah menunjuk pejabat untuk menangani mata uang digital.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Nur Aini
Facebook
Foto: Reuters/Dado Ruvic
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Mata uang virtual atau cryptocurrency seperti Bitcoin terus menjadi pembicaraan hangat dalam masyarakat global. Facebook tidak ingin tertinggal untuk ikut andil dalam membuat mata uang digital baru tersebut.

Facebook dilaporkan mencari cara untuk membuat cryptocurrency sendiri. Dikutip dari Techradar, Sabtu (12/5), uang virtual Facebook akan digunakan untuk melakukan pembayaran online. Facebook menjalankan layanan jual beli, dan cryptocurrency Facebook diprediksi akan berfungsi sebagai bentuk pembayaran serta di aplikasi lain.

Menurut sumber dari dalam perusahaan, Facebook sangat serius menggarap ide tersebut, mengacu pada pengembangan cryptocurrency sendiri. Hal itu bukan pertama kalinya Facebook masuk ke mata uang digital. Facebook sebelumnya menawarkan Facebook Credit, cara membayar gim dan barang-barang lainnya secara elektronik.

Namun, Facebook Credit gagal setelah dua tahun. Mimpi mata uang digital Facebook sepertinya tertunda, hingga awal pekan ini ketika jaringan media sosial mengumumkan reorganisasi eksekutif secara besar-besaran. Hal itu terungkap bahwa Facebook sekarang memiliki divisi blockchain, yang dijalankan oleh David Marcus.

Marcus sebelumnya bertanggung jawab atas Facebook Messenger. Ia juga sebelumnya menjabat presiden PayPal. Blockchain adalah database yang digunakan oleh sejumlah mata uang digital untuk melacak volume besar transaksi dan menjaga mereka tetap aman. Rencana Facebook membentuk tim yang khusus menangani blockchain sangat menarik, dan sebuah petunjuk bahwa perusahaan memang tertarik untuk mengembangkan beberapa bentuk cryptocurrency.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement